PortalMadura.com

Putus Mata Rantai Tengkulak, Tim Sergab Mabesad Monitor Serapan Gabah di Sumenep

  • Selasa, 6 September 2016 | 19:42
Putus Mata Rantai Tengkulak, Tim Sergab Mabesad Monitor Serapan Gabah di Sumenep
Ist. Rombongan Tim Sergab Mabesad

PortalMadura.Com, Sumenep – Tim Sergab dari Mabesad, yang dipimpin langsung Kolonel Inf Naswardi Ilham melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Advertisement

Kunjungan dijadwalkan dua hari yakni Senin hingga Selasa (5-6/9/2016). Dalam kunjungannya, tim Sergab melakukan pemantauan terhadap penyerapan gabah petani di wilayah Kodim 0827/ Sumenep.

Kunker Tim Sergab Mabesad disambut oleh Dandim 0827/ Sumenep, Letkol Inf Budi Santosa S.sos, Kepala Dinas Pertanian, Ir. Bambang Hariyanto M,Si, Pasiterdim 0827/Sumenep, Kapten Inf. Suratman, Danramil serta para Babinsa pendamping dan Gapoktan Kecamatan Pasongsongan dan Dungkek.

“Kunjungan kami ini untuk meninjau langsung proses pembelian gabah oleh Bulog dilapangan dengan sasaran kepada kelompok tani dan petani langsung,” ungkap Pasiterdim 0827/ Sumenep, Kapten Inf. Suratman, Selasa (6/9/2016).

Penyerapan gabah petani di wilayah Kecamatan Dungkek dipusatkan di Kantor Balai Desa Bun Penang, Kecamatan Dungkek dan untuk di Pasongsongan dipusatkan di rumah Ibu Suhaini Desa Campaka, Kecamatan Pasongsongan.

“Pembelian gabah oleh Bulog yang disaksikan oleh Tim Sergab ini bertujuan untuk memutus mata rantai tengkulak, sehingga harga dapat dikendalikan oleh pemerintah,” ucapnya.

Dalam pembelian gabah kali ini, untuk wilayah Kecamatan Dungkek berhasil menyerap sebanyak 4,6 ton, di Kecamatan Pasongsongan sebanyak 3ton 139 kg dan Kecamatan Batuan 1 ton 319 kg dengan rincian harga gabah Rp4.600 per kg.

“Harga tersebut sesuai standrad harga yang sudah di sepakati bersama di tempat penampungan,” pungkasnya. (arifin/har)

Advertisement
loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional