Raskin Cair Sekali, Warga Desa Lebbek Datangi Camat

Avatar of PortalMadura.Com
Raskin Cair Sekali, Warga Desa Lebbek Datangi Camat
Warga Lebbek

PortalMadura.Com, – Puluhan warga Desa Lebbek Kecamatan Pakong, Pamekasan, Madura, Jawa Timur mendatangi Kantor Kecamatan setempat lantaran distribusi beras untuk masyarakat miskin () tidak lancar.

Berdasarkan informasi di lapangan, pada tahun 2016, raskin yang menjadi hak warga miskin hanya didistribusikan satu kali. Itu pun setiap keluarga hanya mendapatkan 3 kilogram. Padahal, setiap keluarga semestinya mendapatkan 15 kilo gram.

“Raskin pada tahun 2016 hanya turun sekali, berarti tiga bulan tidak keluar. Makanya saya gugat, baik secara administrasi atau secara hukum,” kata Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Lebbek, Supandi, Senin (25/4/2016).

Menurutnya, sejak Kepala Desa (Kades) Lebbek dilantik pada bulan Mei 2013, selama 25 bulan raskin yang didistribusikan kepada setiap keluarga hanya 3 kilogram. Setelah dikalkulasi terdapat banyak penyalahgunaan raskin yang seharusnya menjadi hak warga tidak mampu.

“Sesuai verifikasi yang kami lakukan, ada 1021 keluarga yang menerima. Kalau diuangkan ada sekitar 300 juta yang diduga disalahgunakan selama tiga tahun,” ungkapnya.

Dia meminta, Kepala Desa yang memiliki kewenangan di tingkat desa mengevaluasi seluruh program dan kinerjanya. Termasuk, distribusi raskin yang tergolong amburadul. Sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, Kades Lebbek Kecamatan Pakong, Lilah mengakui jika distribusi raskin tahun 2016 memang ada keterlambatan pengiriman lantaran terkendala keuangan. Namun, raskin yang telah didistribusikan selama ini telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Setiap tahunnya memang ditebus pada bulan Maret, kemudian berikutnya ditebus secara double. Selain itu, kami sekarang lagi ada keluhan keuangan atau keterbatasan dana. Jadi mohon maaf, kalau mengenai pembagian raskin 3 kilogram itu saya tidak tahu. Kalau dari saya sesuai, lepas dari saya terserah masyarakat,” jelasnya. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.