6 Alasan Rasulullah SAW Melarang Ummatnya Minum Dalam Keadaan Berdiri

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com – Dalam islam kita selalu di ajarkan adab-adab yang baik mulai dari melakukan hal terkecil hingga hal yang besar termasuk adab ketika mau minum.

Nabi Muhammad SAW melarang kita sebagai ummatnya minum dalam keadaan berdiri, dalam hadis juga di jelaskan, “Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang seseorang .” Qotadah berkata, “Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Hadist lain juga menjelaskan, “Jangan kalian minum sambil berdiri, Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan.” (HR. Muslim).

Berikut ini alasan mengapa Rasulullah SAW melarang ummatnya minum dalam keadaan berdiri :

Buruk untuk Ginjal
Anda harus minum air selalu dalam posisi duduk, seperti Sunnah Rasulullah SAW. Karena, minum air dalam keadaan duduk adalah posisi terbaik untuk ginjal Anda agar berfungsi dengan benar.

Ketegangan Saraf
Tidak mudah untuk mengetahui apa penyebab ketegangan saraf. Tetapi, jika Anda selalu minum air terburu-buru sambil berdiri, mungkin ini salah satu alasan utamanya.

Gangguan Pencernaan
Jika Anda minum air sambil berdiri, maka bisa mengalami beberapa gangguan pencernaan nantinya. Ketika air masuk, maka langsung memercikkan dinding perut Anda yang bisa mengacaukan proses pencernaan. Karena itu, Rasulullah SAW melarang untuk minum sambil berdiri.

Menyebabkan Hiponatremia
Ketika Anda minum air sambil berdiri, maka tidak akan merasakan kepuasan dari minum. Artinya, Anda akan minum lebih dari yang benar-benar dibutuhkan pada satu waktu. Ingat, minum terlalu banyak dapat menyebabkan gejala hiponatremia, yaitu menurunnya kadar natrium dalam darah.

Memuaskan Dahaga
Minum air sambil duduk akan memuaskan dahaga Anda, karena mencegah air masuk langsung melalui tenggorokan. Hal ini juga berfungsi agar sistem pencernaan akan memprosesnya lebih mudah.

Mengacaukan Keseimbangan Cairan
Minum air sambil berdiri juga bisa mengacaukan keseimbangan cairan tubuh. Hal ini pada akhirnya dapat mempengaruhi daerah sendi, bahkan menyebabkan arthritis dalam jangka panjang. (okezone.com/nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.