Ratusan Aset Pemkab Pamekasan Belum Bersertifikat

Avatar of PortalMadura.Com
Ratusan Aset Pemkab Pamekasan Belum Bersertifikat
dok. Gerbang Salam Pamekasan

PortalMadura.Com, – Ratusan bidang tanah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, hingga tahun 2017 belum bersertifkat lantaran terkendala dana.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan, Taufikurrahman mengungkapkan, ada sekitar 600 aset pemerintah daerah yang belum memiliki sertifikat, meliputi lahan sekolah dasar, Tanah Kas Desa (TKD), tanah perkantoran serta aset lainnya.

“Tidak bersertifikat itu belum tentu berkonflik, ini masalah pendanaan saja, karena dananya setiap tahun hanya cukup untuk 30 sampai 36 sertifikat,” ungkapnya, Senin (30/1/2017).

Tetapi, lanjut Taufik, pihaknya memang mendahulukan tanah yang berkonflik untuk disertifikat karena khawatir konfliknya semakin bergolak di kemudian hari apabila tidak segera diselesaikan.

“Selama ini tanah yang tidak bersertifikat belum tentu berselisih, bisa jadi TKD atau tanah yang ahli warisnya mengakui kalau itu memang sudah dihibahkan,” tambah dia.

Pria asal Kabupaten Sumenep ini melanjutkan, tanah milik pemkab yang bermasalah itu terkadang karena administrasi yang dimiliki pemerintah daerah amburadul, sehingga terjadilah konflik dengan ahli waris tanah tersebut.

“Kadang administrasi di kita kurang bagus, dulu dihibahkan tetapi di PBB-nya masih atas nama yang lama. Sehingga ahli warisnya merasa bahwa tanah itu masih milik orang tuanya atau karena faktor lain,” tandasnya.

Dia memungkasi, dari ratusan aset yang belum bersertifikat itu sebagian besar adalah tanah sekolah dasar yang selama ini banyak terjadi konflik. Tetap, akunya, konflik itu sudah berkurang setelah sebagiannya disertifikat. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.