PortalMadura.com

Realisasi Tanam Tembakau di Sumenep Tak Sesuai Proyeksi

  • Kamis, 1 September 2016 | 12:32
Realisasi Tanam Tembakau di Sumenep Tak Sesuai Proyeksi
Tembakau

PortalMadura.Com, Sumenep – Realisasi tanam tembakau di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur jauh dari proyeksi. Sesuai proyeksi tahun ini seluas 14.366 hektar dengan target produksi 8 ribu ton. Namun realisasinya hanya 40 persen lahan proyeksi yang ditanami atau hanya 5.747 hektar.

“Jadi sekitar 60 persen dari proyeksi lahan tembakau seluas 14.366 hektar yang tidak ditanami dengan produksi diperkirakan R.162 ton,” terang Kabid Perkebunan, Dishutbun Pemkab Sumenep, Joko Suwarno, Kamis (1/9/2016).

Menurut Joko, sesuai pantauan dilapangan, hasil produksi tembakau tahun ini hanya diperkirakan mencapai 300-600 kwintal per hektarnya, karena dalam musim kemarau basah ini mempengaruhi terhadap kualitas tembakau.

“Realisasi tanam tembakau tahun ini berada dilahan sawah sekitar 20 persen, lahan tegal 30 persen, dan sisanya berada didataran tinggi,” paparnya.

Dari 5 ribu hektar lebih lahan tembakau itu tersebar di 18 kecamatan, yakni di wilayah daratan. Sedangkan wilayah kepulauan tahun ini belum ada yang menanam tembakau.

“Selama masa tanam tembakau tahun ini ada petani yang sampai menanam hingga 6 kali lantaran cuaca tidak memungkinkan dan akhir-akhir ini masih ada yang baru menanam, padahal sudah ada yang memanen,” imbuhnya. (arifin/choir)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional