Relawan Cinta Sumekar Gandeng PMI Gelar Donor Darah

Avatar of PortalMadura.Com
Relawan Cinta Sumekar Gandeng PMI Gelar Donor Darah
Donor Darah

PortalMadura.Com, – Relawan Cinta Sumekar yang merupakan pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, A Busyro Karim-Ahmad Fauzi, nomor urut 1 menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) setempat untuk melakukan donor darah.

“Ini merupakan bentuk perhatian tim relawan calon nomor satu untuk memberikan sesuatu yang lebih berarti kepada masyarakat,” kata A Busyro Karim, calon bupati Sumenep, nomor urut satu, Minggu (13/9/2015).

Ia menerangkan, banyak kegiatan yang digelar oleh tim relawan, untuk saat ini memang kegiatan yang diperuntukkan bagi masyarakat yang sakit, karena selama ini kebutuhan darah memang banyak.

“Ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PMI Cabang Sumenep, Kurniadi Wijaya menyatakan, perolehan darah pada donor kali ini mencapai 150 kantong darah.

“Ini terbanyak dari kegiatan-kegiatan selama ini,” terang  Kurniadi.

Bahkan, lanjutnya, selama 28 tahun kepemimpinannya, baru kali ini perolehan darah terbanyak. Sebelumnya, kegiatan donor darah di Kejaksaan mencapai 60 kantong dan Polres sebanyak 87 kantong.

“Semoga kedepan setiap kegiatan donor darah mendapatkan yang lebih banyak lagi dibanding sekarang, karena darah memang dibutuhkan. Kalau darah sebanyak 150 kantong ini paling lama 2-3 minggu habis,” tuturnya.

Setiap darah yang diperoleh PMI, harus diperiksa golongannya, kemudian diperiksa apakah darah tersebut mengandung penyakit atau tidak terutama penyakit HIV/AIDS, sipilis dan hepatitis.

“Kalau diketahui mengandung penyakit sipilis dan hepatitis darah tersebut langsung dimusnahkan, tapi kalau diduga HIV/AIDS dikirim dulu ke laboratorium PMI pusat,” ungkapnya. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.