PortalMadura.com

Resensi Buku – Bijak Menilai Peserta Didik

  • Rabu, 9 November 2016 | 08:14
Resensi Buku – Bijak Menilai Peserta Didik
Ist. Resensi buku-Evaluasi Belajar Mengajar

PortalMadura.Com – Salah satu kompetensi yang harus dikuasai seorang guru atau calon guru adalah kemampuan untuk melakukan evaluasi dalam proses belajar mengajar. Guru mempunyai tanggung jawab melakukan proses evaluasi hasil belajar mengajar siswa agar perencanaan pendidikan dan proses belajar siswa dapat dipantau dengan baik. Kemampuan guru dalam melakukan evaluasi kegiatan belajar mengajar siswa menjadi instrumen penilaian kompetensi guru.

Buku Super Lengkap Evaluasi  Belajar Mengajar perlu dibaca oleh guru maupun Pengelola pendidikan  untuk memperoleh gambaran – gambaran  perkembangan dan keunikan siswa. Selain itu, buku ini  menjelaskan perbedaan yang berkaitan denga istilah Evaluasi yakni Pengkuran, Penilaian, dan tes sekaligus mengidentifikasi evaluasi dalam tiga kerangka dasar  yaitu evaluasi pembelajaran, evaluasi program, dan Evaluasi  sistem.

Penyederhanaan  cakupan Evaluasi itu dilandaskan pada Pasal 57 Ayat 2 UURI No. 2O Tahun 2003: Evaluasi dilakukan terhadap peserta didik, lembaga, dan program pendidikan pada jalur formal dan non formal untuk semua jenjang satuan dan jenis pendidikan.

Tujuan evaluasi sendiri tidak untuk sekedar mengisi waktu kosong atau sebatas formalitas. Namun, keberdaan evaluasi wajib untuk dilakukan oleh setiap guru karena mempunyai tujuan yang luhur. Pertama, sebagai sarana  mengetahui tingkat pengetahuan siswa. Kedua, alat memotivasi semangat belajar siswa. Ketiga, menilai ketercapaian tujuan. Keempat, sebagai informasi untuk guru BK. Kelima, dasar perubahan kurikulum.

Ada prinsip-prinsip evaluasi yang harus dipegang bagi guru seperti adil, objektif, komprehensif, kontinuitas, kooperatif, praktis dan follow-up. Prinsip komprehensif masih banyak diabaikan dengan memvonis siswa bodoh hanya berpatokan pada satu instrumen penilaian kognitif, tanpa melihat aspek afektif dan psikomotorik.

Dalam rangka mengimbangkan aspek penilaian tersebut, maka dalam bab 7, ada panduan instrumen penilaian sikap yang dilakukan dengan mengamati perilaku siswa di lingkungan belajar. Secara umum, objek sikap yang perlu dinilai dalam proses pembelajaran berbagai mata pelajaran antara lain sikap terhadap materi pelajaran, guru/pengajar, dan proses pembelajaran. Kemudian juga sikap berkaitan dengan nilai-nilai atau norma tertentu dan sikap berkaitan dengan tujuan pendidikan

Ada beberapa metode menilai. Di antaranya, mengobservasi perilaku siswa di dalam kelas ataupun lingkungan sekolah. Cara lainnya, melalui instrumen catatan harian. Observasi di sekolah bisa dilakukan menggunakan buku catatan harian, khusus tentang kejadian-kejadian yang berkaitan dengan peserta didik selama di sekolah.

Bisa juga melalui laporan pribadi di sekolah. Misalnya, siswa diminta menulis pandangannya tentang kerusuhan antaretnis yang selalu terjadi di Indonesia. Dari ulasannya, guru bisa membaca dan memahami kecenderungan sikap siswa. Di sinilah guru bisa memahami pandangan tiap-tiap siswa. Andai pandangan yang tak sesuai dengan spirit persatuan, maka guru bisa mencegah dengan memberi pemahaman yang sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan.

Guru bisa menggunakan skala sikap dalam tabel berisi aspek sikap yang perlu dikembangkan. Guru juga mengobservasi aktivitas siswa dalam berdiskusi, kegiatan massal di sekolah dan masyarakat. Guru dituntut lebih intens mengamati murid di dalam dan luar kelas.

Observasi juga bisa dengan mempertanyakan langsung sikap siswa berkaitan misalnya isu akan diterapkannya full day school. Berdasarkan jawaban dan tanggapannya, guru bisa memberi penilaian.

Buku (Buku Super Lengkap Evaluasi Belajar Mengajar) tidak terdapat  kata pengantar dan pendahuluan yang merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam sebuah tulisan karena disitulah terdapat ucapan rasa syukur kepada tuhan, ucapan terimakasih kepada orang yang membantu menyelesaikan buku ini dan alasan mengapa buku ini ditulis.

Secara keseluruhan buku ini sudah bagus dan lengkap sebagai buku panduan mulai dari cover dan tulisannya yang normal dan kertas yang putih memudahkan kita dalam membaca, dan memahami bacaan yang terdapat dalam buku ini, harga buku ini juga sangat terjangkau.  Buku ini juga mengulas secara rinci cara membuat uraian, mengonstruksi pilihan ganda, membuat soal benar salah dll. Buku ini sangat cocok bagi guru agar mampu melakukan penilaian yang utuh pada peserta didik.

Buku yang berjudul  Buku Super Lengkap  Evaluasi Belajar Mengajar ini sangat cocok sebagai pegangan guru dalam perencanaan pendidikan dan proses belajar siswa agar dapat dipantau dengan baik  yang juga menjadi instrumen penilaian kompotensi guru untuk mengetahui keunikan-keunikan yang berbeda dalam setiap pribadi siswa. Selain itu harga yang  sangat terjangkau dari buku ini juga menjadi faktor pendukung bahwa guru harus memliki buku panduan ini (Buku Super Lengakap Evaluasi Belajar Mengajar).*

Judul Buku : Buku Super Lengkap Evaluasi Belajar Mengajar
Penulis : Nanda Pramana Atmaja
Penerbit : Diva Press
Editor : AS Sudjatna
Cetakan    : Pertama, Agustus 2016
Tebal : 248 hlm
Harga : Rp 45.000
ISBN : 9786023912018

Malang, 9 November 2016
Peresensi : Ika Agustiningsih, asal Sampang, Madura, kelahiran Sampang, 7 Agustus 1997, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Semester 1.

(Hartono)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional