Resep Manis Klepon Ubi Ungu Super Kenyal, Yummy!

Avatar of PortalMadura.com
Resep Manis Klepon Ubi Ungu Super Kenyal, Yummy!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seiring berjalannya waktu, kini semakin banyak kue-kue modern yang muncul dan dijual di pertokoan ataupun di pasar-pasar. Namun, kue tradisional pun tetap menjadi primadona, salah satunya kue klepon.

Selain memiliki rasa yang khas, kue ini juga merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang harus tetap dilestarikan. Bahkan, sensasi menggigit kue yang satu ini benar-benar beda dengan kue lainnya.

Terdapat gula merah yang sangat manis dan legit di dalam klepon. Walhasil, akan pecah di mulut ketika digigit. Parutan kelapa yang juga menambah kegurihan makanan yang satu ini, tentu bikin penikmatnya ketagihan

Nah, biasanya kue yang satu ini terbuat dari bahan tepung ketan yang dicampur dengan tepung tapioka. Tapi tidak ada salahnya jika Anda coba membuat sendiri di rumah menggunakan bahan dari ubi ungu. Caranya pun sederhana.

Berikut dan cara membuatnya:

Bahan:

200 gram ubi ungu (kukus dan haluskan)
200 gram tepung ketan putih
Air secukupnya
1/2 buah kelapa lumayan muda (parut, beri sedikit garam, kukus)
Gula merah secukupnya untuk isian (potong-potong kecil)

Cara membuat:

Campur tepung ketan dan ubi halus, tambahkan air sedikit-sedikit sampai bisa dipulung. Kemudian, ambil sedikit adonan, bentuk bulatan kecil, isi dengan gula merah, bulatkan kembali dengan rapi, lakukan sampai adonan habis.

Setelah itu, rebus bulatan klepon ke dalam air yang sudah dididihkan terlebih dahulu, tunggu sampai matang (mengapung). Lalu, angkat dan guling-gulingkan di atas kelapa parut yang sudah dikukus dan siapkan piring, letakkan klepon ubi ungu, sajikan. (suara.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.