Resep Rujak Kangkung Sambal Pedas Manis

Avatar of PortalMadura.Com
Resep Rujak Kangkung Sambal Pedas Manis
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kangkung merupakan jenis sayuran yang dapat dibuat menjadi berbagai macam masakan lezat. Sayur kangkung biasanya dibuat dengan cara ditumis atau disayur dengan kuah santan. Akan tetapi, sayuran yang satu ini ternyata bisa dijadikan .

Rujak adalah salah satu makanan atau bisa juga dikatakan camilan pedas yang sebagian masyarakat menyukainya. Apalagi jika rujaknya dibuat dari sayuran yang sehat dan kaya akan manfaat, seperti rujak kangkung ini.

Rujak kangkung dibuat dari bahan dasar kangkung yang memakai bumbu kuah dari bahan dasar gula. Untuk membuat rujak kangkung, cukup mudah dan biayanya pun lumayan ekonomis. Karena, harga sayuran ini dipasaran sangat murah per ikatnya.

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan rujak kangkung pedas ini, Anda bisa ikuti dan cara membuat dibawah ini:

Bahan-bahan :

Kangkung segar sebanyak 3 genggam
Cabai rawit sebanyak 15 buah (sesuai selera)
Cabai keriting sebanyak 10 buah (sesuai selera)
Tomat segar sebanyak 2 buah
Cabai merah besar sebanyak 15 buah
Asam sebanyak 3 btg
Gula merah secukupnya
Terasi secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuatnya :

Petik kangkung terlebih dahulu, bersihkan daun-daun yang lumayan jelek lalu bersihkan dengan air yang mengalir. Kemudian didihkan air, lalu masukan kangkung dan kukus kangkung hingga matang. Setelah matang angkat dan tiriskan.

Membuat sambal kuah:

Kukus bahan sambal seperti cabai keriting, buah tomat, cabai rawit, cabai merah serta asam. Jika sudah layu, haluskan bumbu dengan menggunakan cobek, masukan gula jawa, terasi, serta garam, aduk hingga semuanya merata dan halus.

Terakhir, siapkan piring saji, tambahkan kangkung di atas piring kemudian tuangkan sambal di atas kangkung dengan merata. Rujak kangkung siap untuk disajikan. (resepmembuat.com/Qory)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.