Sakit Gigi Saat Bulan Puasa? Ini 8 Makanan yang Cocok Anda Konsumsi

Avatar of PortalMadura.com
Sakit Gigi Saat Bulan Puasa? Ini 8 Makanan yang Cocok Anda Konsumsi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sakit gigi memang membuat Anda merasa tidak nyaman dan tersiksa, rasa sakit ini akan bertambah parah jika gigi dan gusi membengkak. Apalagi sakitnya saat bulan puasa, biasanya makan dengan porsi yang banyak dan cepat Anda harus rela makan pelan dan pilih-pilih makanan.

Hal ini tentu membuat selera makan menjadi berkurang. Karena, saat mengunyah makanan akan membuat Anda kesakitan. Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk memakan makanan yang memang sedikit lembut agar gigi tidak tambah parah. Jika Anda nekat mengonsumsi makanan yang keras bukan tidak mungkin justru rasa sakit itu tidak akan cepat sembuh.

Berikut makanan lunak dan sehat yang dapat Anda konsumsi ketika sakit gigi:

Sup
Sup merupakan salah satu makanan lunak dan sehat yang cukup aman dikonsumsi ketika Anda sedang sakit gigi. Bahkan kandungan berbagai macam jenis sayuran dan protein di dalamnya dapat mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Mengonsumsi sup juga tidak akan membuat Anda dehidrasi sebab sup tinggi akan air.

Kentang
Kentang dapat Anda konsumsi untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat Anda ketika sedang sakit gigi. Anda dapat membuat kentang rebus dengan menambahkan garam dan merica untuk memberikan rasa. Kentang juga kaya akan zat besi dan zinc yang akan mengurangi rasa sakit karena sakit gigi.

Telur
Telur juga dapat Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein saat sakit gigi. Telur juga dapat membantu meringankan rasa sakit gigi Anda.

Yogurt
Yogurt adalah salah satu jenis makanan lunak yang baik dikonsumsi ketika sakit gigi. Kandungan kalsium di dalamnya dapat menguatkan gigi Anda.

Jus Sayuran
Sayuran adalah makanan tinggi akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Membuat jus sayuran adalah salah satu cara terbaik dan aman untuk mengonsumsi sayuran ketika sedang sakit gigi.

Jus Buah
Jus buah juga merupakan minuman yang sehat. Karena terkadang buah memiliki tekstur yang keras, maka Anda dapat membuat jus buah saat sedang sakit gigi.

Es krim
Setiap dokter gigi pasti akan langsung memberi saran pada Anda untuk mengonsumsi es krim favorit Anda. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit karena sakit gigi. Selain itu produk susu kaya akan kalsium yang baik untuk kesehatan gigi.

Bubur
Bubur juga merupakan salah satu makanan lunak yang baik dikonsumsi saat sakit gigi. Bubur dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat Anda.

Jangan jadikan sakit gigi membuat kebutuhan nutrisi Anda terancam. Oleh karena itu, konsumsi makanan lunak di atas yang akan mendukung kesembuhan sakit gigi Anda. Semoga bermanfaat. (merdeka.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.