Sampang Minim Anggaran, Warga Buta Aksara Capai 46.690 Orang

Avatar of PortalMadura.Com
Sampang Minim Anggaran, Warga Buta Aksara Capai 46.690 Orang
Ist.ilustrasi Net

PortalMadura.Com, – Penuntasan di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur belum bisa diatasi secara tuntas. Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan (Disdik) setempat terdapat sekitar 46.690 warga mengalami buta aksara.

Kabid Pendidikan Non Formal (PNF) Disdik Sampang, Nur Alam mengatakan, penuntasan buta huruf masih terkendala minimnya anggaran. Selama ini, hanya bisa menjalankan program Keaksaraan Fungsional (KF) terhadap 2.000 warga belajar yang tersebar di Kecamatan Karang Penang, Ketapang dan Sokobanah.

“Kami sesuaikan dengan anggaran yang ada. Kalau anggarannya tidak ada, kami tidak bisa melaksanakan program itu,” katanya, tanpa menyebutkan nilai anggaran yang tersedia, Jumat (9/9/2016).

Dalam pelaksanaan program KF, pihaknya terlebih dahulu melakukan pendataan secara akurat, sebab untuk mengikuti program KF warga harus memiliki beberapa kriteria yang menjadi persyaratan. Misalnya, faktor usia, kesehatan, penglihatan dan daya pemikiran.

“Kalau 59 tahun ke atas tidak digarap. Karena ada beberapa kendala faktor berfikir yang dimiliki peserta,” pungkasnya.(lora/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.