Satgas Yonif Mekanis 516/CY Gelar Razia, Cegah Peredaran Miras dan Narkoba di Perbatasan

Avatar of PortalMadura.Com
Satgas Yonif Mekanis 516/CY Gelar Razia, Cegah Peredaran Miras dan Narkoba di Perbatasan
Ist. Satgas Yonif Mekanis 516 CY

PortalMadura.Com, – Upaya mencegah tindak kejahatan akibat mengkonsumsi minuman keras (Miras) dan penyalahgunaan maupun peredaran narkoba di wilayah perbatasan, menggelar razia (sweeping) simpatik di perbatasan RI PNG, wilayah Kabupaten Keerom Papua, Selasa (2/8/2016).

Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY, Letnan Kolonel Inf Lukman Hakim, S.Si dalam rilisnya menjelaskan, sweeping akan dilaksanakan secara rutin dan merupakan komitmen Satgas Yonif Mekanis 516/CY dalam rangka menciptakan suasana yang aman, nyaman dan tentram serta kondusif di wilayah perbatasan RI  PNG khususnya di Kabupaten Keerom, Papua.

“Peredaran minuman keras (Miras) dan narkoba di wilayah perbatasan RI PNG masih sangat tinggi, hal ini tentunya akan memicu meningkatnya pelanggaran hukum yang akan terjadi,” katanya.

Pada operasi simpatik yang dilaksanakan tanggal 30 Juli 2016 oleh Satgas Yonif Mekanis 516/CY telah berhasil mengamankan senjata tajam dan beberapa jenis Miras diantaranya, 14 kaleng Bir dan 11 botol Miras berbagai merk (Vodka, Mensen, Jeniver dan Whisky) serta 1 cim dan 1 linting ganja kering yang siap konsumsi.

Larangan tentang Miras di daerah Provinsi Papua juga telah diatur dalam Peraturan Daerah Gubernur Papua Nomor 15/2013 tentang Pelarangan Produksi, Pengedaran dan Penjualan Minuman Beralkohol.

Ketentuan pidana dalam Perda Gubernur diatur ancaman pidana berupa pidana penjara mulai 6 (enam) bulan sampai dengan 5 (lima) tahun atau denda mulai Rp. 50.000.000,- sampai dengan Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah).(rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.