Sepekan Terakhir Mendung, Harga Garam Rakyat di Sumenep Alami Kenaikan

Avatar of PortalMadura.com
Sepekan Terakhir Mendung, Harga Garam Rakyat di Sumenep Alami Kenaikan
dok. Produksi Garam Rakyat di Sumenep, (Foto : Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Sepekan terakhir ini di wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terjadi mendung. Akibatnya, proses sedikit tersendat. Namun, hal itu membuat harga garam rakyat mengalami kenaikan. Dari sebelumnya Rp 1,5 juta per ton, saat ini menjadi Rp 2 juta per ton.

“Selama satu minggu terakhir ini terjadi mendung. Jadi, berpengaruh pada produksi garam rakyat. Akibatnya, stok mulai berkurang dan harga kembali naik,” kata petani asal Desa Karang Anyar, Kecamatan Kalianget, Syamsuri (30), Kamis (12/10/2017).

Cuaca yang sering mendung itu menyebabkan masa produksi garam lebih lama, yang biasanya sepekan sudah bisa dipanen, tapi karena sering mendung membutuhkan waktu yang lebih lama.

“Bertambah panjangnya masa produksi itu menimbulkan stok menipis. Hal itu yang menyebabkan naiknya harga. Tapi, hal itu membuat para petani senang,” tuturnya.

Pada awal panen masa produksi garam tahun 2017, harga garam di kabupaten paling timur Pulau Madura ini mencapai Rp 2,5 juta per ton.

Sesuai data Dinas Perikanan Sumenep, hasil produksi garam rakyat hingga pekan pertama bulan Oktober 2017 mencapai 93.890 ton. Sedangkan, target produksi garam pada tahun ini sebanyak 125 ribu ton. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.