Si Kecil Phobia? Atasi Dengan Cara Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Si Kecil Phobia? Atasi Dengan Cara Ini!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Rasa takut yang dialami adalah hal biasa. Rasa takut sejatinya merupakan salah satu mekanisme pertahanan diri yang bersifat alamiah. Namun beberapa anak bisa mengatasinya dengan baik, beberapa anak yang lain rasa takut itu berkembang menjadi phobia berkepanjangan.

Phobia merupakan munculnya rasa takut yang berlebihan akibat suatu trauma atau peristiwa yang membekas di benaknya dan mempengaruhi jiwanya.

Untuk mencegah terjadinya phobia yang berkelanjutan pada anak kami akan membantu Anda untuk mengatasi phobia pada anak dengan memberikan tips-tips di bawah ini. Ayo disimak!

Kenalkan anak pada sumber rasa takutnya
Pada anak yang phobia hewan, misalnya, berikan informasi yang banyak tentang hewan tersebut. Anda bisa menggunakan metoda bercerita atau membacakan buku-buku mengenai hewan tersebut.

Latih anak untuk mengatasi rasa takutnya
Misalkan pada anak yang phobia ketinggian atau sosial, maka yang harus anda lakukan adalah sering membawanya bersosialisasi. Atau melatihnya untuk berani pada ketinggian. Lakukanlah latihan itu secara bertahap.

Berikan dukungan penuh atas setiap usaha yang dilakukan anak
Mengatasi rasa takut bukanlah persoalan mudah. Dukungan anda akan berarti banyak bagi kemajuan putra-putri Anda.

Ciptakan kondisi nyaman pada anak
Rasa nyaman akan menimbulkan rasa aman pada anak. Perasaan ini merupakan energi yang luarbiasa yang akan membantu anak untuk selalu berusaha mengatasi rasa takutnya.

Jangan menertawakan anak
Sekonyol apapun phobia yang dialami anak, menertawakannya atau mengolok-olokkannya jelas bukan tindakan bijak.

Mengatasi phobia pada anak Anda harus sabar dan konsisten, tidak boleh terburu-buru yang malah menyebabkan ketidaknyamanan pada sang anak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! (id.theasianparent.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.