Siapa Bilang Permainan Lego Tidak Bermanfaat? Ini dia 6 Manfaatnya!

Avatar of PortalMadura.Com
Siapa Bilang Permainan Lego Tidak Bermanfaat? Ini dia 6 Manfaatnya!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mainan yang edukatif ternyata tidak sulit untuk dicari. Balok susun seperti Lego tidak hanya sebatas mainan yang menyenangkan untuk anak-anak. Namun, Lego ternyata punya banyak manfaat edukatif yang mengembangkan kecerdasan anak segala usia. Apa sajakah itu?

Belajar menciptakan visi

Untuk membuat sebuah bangunan, anak harus mengetahui seperti apa hasil bangunan yang dikehendaki, beserta spesifikasi bangunan tersebut. Misalnya ketika anak ingin membuat sebuah rumah, harus dinyatakan dulu berapa lantai yang ingin dibuat, bentuk jendela, dan aksesoris lainnya. Visi ini dinyatakan terlebih dahulu agar menjadi pedoman pembuatan legonya (start from the end).

Belajar memahami fondasi

Pembuatan fondasi adalah langkah awal untuk membuat bangunan. Fondasi ini sangat menentukan kekuatan bangunan yang akan dibuat. Anak dituntut untuk memahami bentuk fondasi yang kuat untuk bangunan legonya.

Belajar memahami alat bantu

Dalam membuat bangunan dibutuhkan konstruksi / rangka yang kuat. Untuk itu diperlukan alat bantu berupa penyangga agar konstruksi bangunan bisa kuat.

Belajar berkomunikasi dan sharing ide

Anak akan lebih senang bermain lego dengan teman-temannya. Untuk itu dibutuhkan komunikasi yang bagus untuk menyatukan idenya dengan temannya. Ide yang dimiliki akan disampaikan dan dicoba bersama.

Belajar tentang seni

Membuat sebuah benda atau bangunan yang bagus dengan lego bukanlah hal mudah. Anak harus memahami dan mengerti tentang seni dan keindahan. Dengan begitu anak akan dapat menciptakan bangunan yang memiliki nilai seni.

Belajar bersabar

Untuk membuat sebuah bangunan dari lego membutuhkan waktu yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kerumitannya. Semakin rumit bangunan yang ingin dibuat, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan. Untuk itu dibutuhkan kesabaran dalam membuatnya.

Anak akan dituntut bersabar sampai bangunan legonya terbentuk sesuai keinginan. Lebih bagus lagi jika orang tua mendampingi anak bermain lego untuk berkarya bersama. (perempuan.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.