Studi: Ini Manfaat Luar Biasa Gerakan Salat Untuk Tubuh

Avatar of PortalMadura.Com
Studi: Ini Manfaat Luar Biasa Gerakan Salat Untuk Tubuh
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Islam. Ibadah yang satu ini bisa menguatkan hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta. Namun, ternyata dalam gerakan salat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan .

Seperti dikutip PortalMadura.Com, Selasa (9/8/2016), gerakan pada salat meningkatkan kebugaran fisik dan kesejahteraan emosional, mengurangi kecemasan dan depresi. Energi yang dihabiskan dalam melakukan salat lebih kecil.

Seperti diketahui, seseorang bisa berolahraga atau latihan, membuat tubuh mereka lelah dan membakar 500-700 kalori. Akan tetapi, salat membutuhkan energi lebih kecil, namun meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi kelelahan.

lainnya, salat bisa meningkatkan efisiensi pernapasan, sirkulasi di pembuluh darah yang mengelilingi ‘alveoli' (atau kantung udara) dalam paru-paru. Hal ini akan membantu pertukaran gas yang ditingkatkan dan bernapas lebih dalam.

Peningkatan konsumsi oksigen ini membuat orang merasa lebih baik. Gerakan yang diulang-ulang dan teratur selama salat meningkatkan kekuatan otot dan daya tendon.

Selain itu, salat meningkatkan pelumasan sendi dan gerakan mempertahankan fleksibilitas. Gerakan-gerakan ini diketahui mencegah penyakit jantung koroner, meningkatkan asupan oksigen maksimum, memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah.

Temuan ini dilakukan oleh seorang peneliti dari Harvard University, Dr Herbert Bensen, mengungkap bahwa pengulangan konstan dari ayat-ayat Alquran dan zikir, ditambah dengan aktivitas otot menyebabkan respons relaksasi yang mengarah ke penurunan tekanan darah, penurunan konsumsi oksigen dan penurunan jantung serta pernapasan. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.