Tak Berkategori  

Studi : Mengapa Menguap Bisa Menular? Ini Jawabannya

Avatar of PortalMadura.Com
Studi : Mengapa Menguap Bisa Menular? Ini Jawabannya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menguap merupakan tindakan refleks yang terjadi pada semua orang, biasanya dilakukan untuk menghirup udara dalam jumlah banyak dan diikuti dengan pernapasan. Bahkan, sebagian orang dengan tidak sengaja ikut menguap ketika orang di sekitar mereka melakukan hal yang sama lebih dulu.

Lantas, benarkah menguap itu menular?.

Menurut penelitian yang dilakukan tim Duke University School of Medicine, menyatakan, orang yang tertular saat melihat orang lain menguap diyakini memiliki gelombang emosi yang sama dengan orang tersebut.

Kesimpulan ini didapat setelah peneliti mendokumentasikan bagaimana orang merespon dengan cara melihat, mendengar atau memikirkan orang yang menguap. Mereka lebih mudah tertular dan juga menguap. Hal ini berbeda dengan respon orang yang benar-benar kelelahan sehingga menguap.

Peneliti mengamati 328 orang sehat yang menguap ketika melihat video orang menguap selama tiga menit. Sebagian besar partisipan ikut tertular dan menguap.

“Sejauh ini kami meyakini bahwa menguap berkaitan dengan gelombang emosi yang sama antar beberapa orang serta dipengaruhi oleh faktor usia,” ujar salah satu peneliti, Elizabeth Cirulli.

Penelitian lainnya yang dipublikasikan dalam jurnal ‘PLoS ONE’ juga menemukan kaitan menularnya menguap dengan kedekatan emosional seseorang dengan lainnya. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.