Studi: Menikah Dengan Wanita Pintar Ternyata Bikin Pria Panjang Umur

Avatar of PortalMadura.Com
Studi: Menikah Dengan Wanita Pintar Ternyata Bikin Pria Panjang Umur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi pria lajang, jika Anda ingin hidup lebih sehat dan panjang umur, sebaiknya menikahlah dengan dan berpendidikan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi di Swedia.

Dikutip PortalMadura.Com dari laman detik.com, Kamis (21/7/2016), peneliti menemukan bahwa wanita berpendidikan adalah faktor kuat yang bisa membuat suami lebih sehat dan mencegah dari berbagai penyakit bahkan kematian.

Menurut peneliti Robert Erikson dan Jenny Torssander dari Swedish Institute for Social Research, Stockholm, hidup bersama pasangan wanita pintar ternyata bisa menurunkan risiko mati muda bagi pria.

Erikson dan Torssander menganalisis sensus penduduk dari sekitar 1,5 juta orang pria dan wanita usia 39 hingga 59 tahun yang memiliki pekerjaan dan sudah berkeluarga. Mereka pun menganalisis kematian penduduk antara tahun 1991 hingga 2003.

Hasilnya, analisa tersebut membuktikan bahwa tingkat kematian baik pria maupun wanita lebih tinggi pada mereka yang tidak berpendidikan dan tingkat ekonomi yang sulit. Sebagai contoh, pria berpendidikan rendah (lulusan SMP atau SMA) diketahui lebih cepat meninggal dunia 1,1 kali dibanding pria-pria lulusan universitas.

Namun, fokus Erikson dan Torssander tertuju pada pria-pria yang dengan wanita berpendidikan.

“Pengaruh wanita berpendidikan terhadap kematian suaminya ternyata sangat kuat. Hasil survei menunjukkan pria-pria yang menikah dengan wanita pintar dan berpendidikan umurnya lebih panjang dan lebih sehat,” ujar Erikson.

Selain itu, faktor pendidikan juga berpengaruh pada wanita itu sendiri, apalagi jika ia menikah dengan pria yang pintar dan berpendidikan pula. Wanita yang menikah dengan pria biasa-biasa saja dan kurang berpendidikan diketahui berisiko meninggal dunia 1,25 kali lebih tinggi dibanding wanita yang menikah dengan pria berpendidikan.

“Asumsinya adalah, wanita pintar dan berpendidikan tinggi punya perhatian dan kepedulian yang lebih tinggi untuk masalah kesehatan, baik pribadi maupun pasangannya. Mereka lebih tahu banyak hal, cara mencegah penyakit atau pengobatannya. Mereka juga lebih terbuka dan banyak mendapat informasi dari luar tentang masalah kesehatan, beda dengan wanita biasa-biasa saja yang lebih cuek untuk masalah kesehatan,” ujarnya.

Bahkan, pendidikan dan ekonomi ternyata sangat besar pengaruhnya terhadap tingkat kematian seseorang. Namun, peran wanita berpendidikan ternyata lebih kuat dibanding ekonomi. Jadi, jika ingin tetap sehat, tercegah dari berbagai penyakit dan hidup lebih panjang, carilah wanita pintar untuk dinikahi. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.