Subhanallah, Ini 7 Keistimewaan Bulan Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
Subhanallah, Ini 7 Keistimewaan Bulan Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ramadan merupakan bulan suci yang selalu dinanti-nantikan oleh orang-orang mukmin. Di bulan ini amalan ibadah setiap manusia yang beriman kepada Allah dilipat gandakan. Tidak heran, di bulan Ramadan yang penuh berkah ini umat Islam berlomba-lomba dalam kebaikan.

Selain itu, bulan Ramadan memiliki banyak keistimewaan dibandingkan bulan lainnya. Sebagaimana firman Allah: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” (QS. Al-Baqarah : 185).

Berikut tujuh  yang wajib umat Islam ketahui:

Ramadan Adalah Bulan dimana Alquran Diturunkan
Salah satu kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadan adalah turunnya kitab suci Alquran pada bulan ini. Sungguh mulia bulan ini karena mendapatkan bulan yang paling dirindukan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Mendapatkan Pahalan Berlipat Ganda
Tidak heran mengapa pada bulan ini banyak sekali orang yang berlomba-lomba dalam kebaikan. Karena, pada bulan Ramadan segala sesuatu atau amalan yang baik yang Anda lakukan akan mendapatkan pahala puluhan kali lipat.

Hal ini mengacu kepada Hadis Rasulullah yang disampaikan pada saat Khutbah di penghujung bulan Sa'ban, sebagai berikut: “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan”.

“Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan ” (HR. Bukhori-Muslim).

Bulan yang Penuh dengan Keberkahan
Pada bulan ini setiap muslim yang masih belum sempurna ibadah dan ketaatannya kepada Allah bisa menjadi lebih baik dan merubah pola hidupnya. Jad,i setiap muslim sudah seharusnya memanfaatkan bulan ini dengan sebaik-baik amal perbuatan.

Jika umat muslim mengaku beriman dan melalaikan bulan puasa maka ia sesunggunya termasuk orang yang merugi. Seperti Sabda Rasulullah: “Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggu setan- setan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya” (HR Imam Ahmad, An-Nasa'I, dan Baihaqi).

Ramadan Adalah Bulan Pertobatan dan Pengampunan Dosa
Pada bulan ini umat Islam harus selalu berlomba-lomba dalam kebaikan dan memohon ampulan akan dosa yang telah dilakukan. Seperti yang di sebutkan dalam Hadis Shahih: “Barang siapa yang berpuasa Ramadan dikarenakan iman dan ihtisab, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang lalu” (HR Bukhari).

Terbukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka
Saat bulan Ramadan pintu-pintu surga dibuka selebar-lebarnya, hal ini seperti sabda Rasulullah: “Jika datang Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka, dan setan dibelenggu” (HR.Muslim).

Bulan untuk Mencapai Ketakwaan
Ramadan adalah bulan di mana dikenal juga dengan bulan puasa, karena pada bulan ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Mulai dari menahan haus dan lapar hingga menahan hawa nafsu yang sifatnya memuaskan,

Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al Qadr 1-3).

Terdapat Malam Lailatul Qadar
Pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan terdapat satu malam lailatul qadar, ini adalah malam yang lebih baik dari 1000 malam. Di malam itu terdapat keberkahan dan kebaikan yang jika umat muslim mendapatkan malam itu doanya akan diijabah.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan” (QS. Al Qadr 1-3). Wallahu A'lam. (fimadani.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.