Subhanallah, Inilah Khasiat Mengucapkan Kalimah Thayyibah Terhadap Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Subhanallah, Inilah Khasiat Mengucapkan Kalimah Thayyibah Terhadap Kesehatan
ilustrasi (muslimahcorner.com)

PortalMadura.Com – Ada banyak contoh dalam Al-Qur'an dan Hadis dari keutamaan sikap mental yang positif, ketekunan dan optimisme dalam menghadapi kesulitan. Namun, tahukah Anda bahwa kesabaran dan pandangan positif tentang kehidupan adalah dua alat penyembuhan terbesar yang dapat Anda gunakan?.

Rasulullah sendiri juga menganjurkan para pengikutnya untuk selalu bersabar dan berprasangka baik terhadap sesuatu yang datang kepada diri kita.

Sebagaimana firman Allah: “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk,” (QS. Al-Baqarah ayat 155-157).

Bahkan, dalam ilmu pengetahuan modern pun, para peneliti berkesimpulan bahwa rahmat yang dimaksud adalah berupa semakin meningkatnya bagi yang bersabar dan berpikiran positif.

Peneliti Barat, Bernard Jensen, berkata dalam bukunya ‘The Science and Practice of Iridology', dokter masa kini punya pandangan bahwa kekuatan manusia yang sesungguhnya bukan pada fisiknya, tapi pada otaknya.

Dalam bukunya yang berjudul ‘Your Health… Your Choice', Dr. Ted M Morter, menyebutkan bahwa pikiran negatif adalah penghasil asam nomor wahid (satu) di tubuh manusia.

Dari tingkat keasaman yang tinggi itulah akan datang berbagai macam penyakit yang berasal dari tingkat asam yang tinggi tersebut. Pasalnya, tubuh bereaksi terhadap sikap negatif dan tekanan emosional yang dibawa oleh pikiran negatif. Sama seperti saat bereaksi terhadap ancaman fisik secara nyata.

Untuk itu, biasakanlah diri Anda untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT dengan mengucapkan “Alhamdulillah”. Anda harus berusaha untuk menjaga rumah dan lingkungan kerja Anda agar terasa damai dan sebisa mungkin bebas dari stres.

Salah satu cara agar Anda dapat melawan efek stres adalah menyadari akan stres yang Anda hadapi. Biasakanlah untuk mengucapkan, “Alhamdulillah” untuk apa yang Anda miliki, “Insya Allah” untuk apa yang Anda niatkan, dan “Subhanallah” ketika Anda melihat sesuatu yang menarik atau menakjubkan. Jangan lupa juga ucapkan “Astaghfirullah” ketika Anda kehilangan kesabaran atau menjadi lemah.

Terakhir, yang paling penting ucapkanlah “Allahu Akbar” ketika Anda dihadapkan dengan tantangan hidup. Kelima kalimah thayyibah itu apabila Anda amalkan setiap hari, seperti halnya Anda mengonsumsi multi-vitamin yang memiliki dampak pada kesehatan jiwa Anda. (kabarhikmah.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.