PortalMadura.com

Subhanallah, Ternyata 4 Amalan Ini Bisa Mengubah Takdir Buruk

  • Kamis, 1 September 2016 | 17:00
Subhanallah, Ternyata 4 Amalan Ini Bisa Mengubah Takdir Buruk
ilustrasi (muslimahcorner.com)
Loading...

PortalMadura.Com – Sebagai umat muslim yang taat kepada Allah SWT, Anda harus meyakini bahwa takdir sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Sehingga tidak akan terjadi sesuatu apapun kecuali atas kuasa dan kehendak Allah SWT. Hanya Allah yang mampu melakukan segalanya terhadap apa yang di langit dan di bumi, sebab Dialah Rabb yang Maha Kuasa.

Namun, ternyata ada beberapa amalan yang bila dilakukan dapat merubah takdir seseorang, dari takdir yang buruk menjadi takdir yang baik. Salah satunya dengan berdoa. Sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah, bahwa doa merupakan faktor yang dapat mengubah takdir seseorang.

Bahkan tidak hanya itu saja, sebab ada beberapa faktor atau amalan lainnya yang juga bisa merubah takdir seseorang. Bahkan hal ini telah dijelaskan dalam Alquran dan hadis.

Berikut empat amalan yang bisa merubah takdir buruk:

Berdoa
Doa merupakan salah satu amalan yang bisa merubah takdir. Sehingga, doa yang diucapkan dengan keyakinan sepenuh hati diharapkan dapat menembus ‘Arsy’ hingga Allah SWT berkenan menakdirkan keterkabulan atas apa yang diminta oleh hamba-Nya.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Tidak ada yang dapat menolak taqdir (ketentuan) Allah SWT selain doa. Tidak ada pula yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik,” (HR Tirmidzi).

Amal Kebaikan
Sebuah hadis Rasulullah juga mengatakan, bahwa melakukan amalan kebaikan seperti ibadah, berbuat baik dan sebagainya dapat mengubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukan oleh Allah SWT.

Rasulullah bersabda: “Beramallah kamu sekalian, karena beramal (berbuat kebaikan/ibadah) akan mengubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukan-Nya padamu,” (HR. Bukhori dan Muslim).

“Tiada yang dapat menambah umur seseorang, selain (amal) kebaikan,” (HR. Ahmad dan Thabrani).

Bersedekah
Amalan selanjutnya yang juga bisa merubah takdir Allah SWT adalah dengan bersedekah. Sebagaimana sabda Rasulullah: “Sesungguhnya sedekah itu dapat memadamkan kemarahan Allah dan menolak ketentuan yang buruk,” (HR. Tirmidzi).

“Bersegeralah bersedekah, karena bala tidak pernah mendahului sedekah,” (HR. Thabrani).

“Sesungguhnya sedekah dan silaturahim itu dapat menambah umur dan menolak ketentuan buruk yang tidak disukai dan ingin dijauhi,” (HR. Abu Ya’la Alhambali).

Berusaha dengan Sungguh-sungguh
Amalan terakhir yang juga bisa merubah takdir Allah SWT adalah berusaha dengan sungguh-sungguh. Pasalnya, Allah SWT telah menakdirkan bahwa usaha seorang hamba merupakan amalan yang bisa merubah takdirnya. Sebab, Allah yang menjadikan seorang hamba sesuai dengan apa yang telah diusahakannya.

Sebagaimana firman Allah SWT: “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri,” (Qs. ar-Ra’du: 11).

Keempat amalan ini merupakan suatu bentuk usaha yang bisa dilakukan oleh seorang manusia dengan harapan Allah SWT berkenan merubah takdir yang buruk menjadi takdir yang lebih baik.

Oleh sebab itu, setelah Anda melakukan amalan-amalan tersebut, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan bertawakal. Yaitu memasrahkan dengan sepenuh hati kepada Allah SWT setelah melakukan usaha yang maksimal.

Sebagaimana firman Allah SWT: “Barangsiapa bertawakkal kepada Allah, maka Dia akan mencukupi semua kebutuhannya,” (QS. Ath-Thalaq: 3). (islamidia.com/Salimah)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional