Subhanallah, Ternyata Puasa Mampu Tingkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Avatar of PortalMadura.Com
Subhanallah, Ternyata Puasa Mampu Tingkatkan Kesuburan Pria dan Wanita
ilustrasi (mediajurnal.com)

PortalMadura.Com memiliki banyak , selain untuk membersihkan dosa-dosa seseorang, menyehatkan tubuh, dan manfaat lainnya. Ternyata, berpuasa juga berdampak positif bagi kesuburan seseorang.

Menurut dokter Spesialis Penyakit Dalam RS UGM, dr. Mohamad Eko Cahyanto, Sp.PD, mengatakan bahwa dengan berpuasa, kondisi kesuburan seseorang yang menjalankannya akan meningkat. Tidak hanya bagi , namun juga mendapatkan manfaat yang sama.

Menurutnya, banyak orang beranggapan jika berpuasa seseorang malah tidak mendapatkan gizi yang seimbang, sehingga mempengaruhi kondisi tubuhnya. Padahal sebenarnya puasa memberikan efek positif pada tubuh, termasuk meningkatkan kesuburan seseorang.

“Pada awal puasa, hormon reproduksi dalam tubuh manusia mengalami penurunan. Namun setelah dua sampai tiga hari justru jumlah hormon tersebut menjadi meningkat. Hal itulah yang dapat menyebabkan meningkatnya kesuburan,” ujar Eko.

Hal itu dikatakannya berdasarkan sebuah penelitian yang menggali permasalahan kesuburan saat berpuasa. Si objek penelitian itu dikondisikan seperti orang yang berpuasa, yang juga makan sahur dan berbuka dengan menyantap makanan dan minuman dengan porsi yang cukup. Penelitian itu dilakukan dalam beberapa hari.

“Terbukti dari hasil penelitian hormon reproduksi seperti FSH dan LH kadarnya meningkat dalam tubuh. Kalau untuk asupan makanan sendiri itu tidak mempengaruhi kesuburan seseorang. Yang penting cukup dan memiliki gizi seimbang,” pungkasnya. (berbagaisumber/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.