Tahlil Bersama di Makam Leluhur Usai Salat Ied

Avatar of PortalMadura.Com
Tahlil Bersama di Makam Leluhur Usai Salat Ied
dok. Salat Idul Fitri

PortalMadura.Com, – Setiap daerah memiliki tradisi berbeda saat momentum hari raya Idul Fitri, seperti warga Dusun Panjurang Desa Larangan Badung, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Warga di wilayah ini memiliki tradisi mengaji dan usai melaksanakan salat Idul Fitri di masjid atau surau setempat serentak dilakukan oleh kaum bapak dan kaum ibu.

Tradisi ini sebenarnya  hampir sama dengan daerah lain di Madura, bedanya di daerah lain biasanya melaksanakan ritual tersebut secara individu. Tapi di daerah ini dilakukan secara bersama-sama.

Imam Muhdi (36) warga setempat menuturkan, tradisi ini sudah menjadi rutinitas warga setiap tahun sebelum bersilaturrahmi kepada kerabat atau famili. Sehingga, tidak afdal rasanya jika belum melakukan kegiatan religi tersebut di hari raya yang penuh fitri ini.

“Setelah ini, baru warga bersilaturrahmi kepada famili masing-masing. Kita mengirim doa terlebih dahulu kepada sesepuh kita yang berada di alam barzah agar diringankan dosanya,” ungkapnya usai tahlil bersama, Rabu (6/7/2016).

Dia berharap, doa yang dipersembahkan kepada leluhur diterima Allah dan kegiatan serupa diharapkan terus berjalan hingga akhir zaman nanti. Tidak terkikis dengan perkembangan zaman. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.