Tahukah Anda Berapa Banyak Darah yang Keluar Saat Haid?

Avatar of PortalMadura.com
Tahukah Anda Berapa Banyak Darah yang Keluar Saat Haid?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siklus menstruasi rutin dialami oleh wanita setiap bulan. Pada saat haid kebanyakan perempuan mengeluhkan rasa sakit, entah di bagian perut, punggung atau lainnya. Namun, tidak jarang pula sebagian dari mereka mudah sensitif terhadap keadaan.

Hal ini tentu sangat mengganggu, karena saat menstruasi keadaan fisik juga ikut berpengaruh. Sebagaimana yang disampaikan oleh Praktisi Herbal Medik, Prapti Utami, M.Si, perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala tersebut sangat dipengaruhi oleh hormon reproduksi.

“Hal ini pun mengakibatkan keadaan di mana kondisi fisik perempuan akan mengalami masalah seperti kram dan nyeri perut yang diakibatkan oleh kontraksi otot rahim,” ujar dr. Prapti.

Prapti menambahkan, pada masa tersebut, perempuan dapat kehilangan darah sebanyak 10 hingga 80 ml per periode menstruasi. Rata-rata darah yang keluar pada masa tersebut normalnya adalah 35 ml per periode menstruasi. Karena inilah beberapa wanita sering mengeluhkan pusing dan disarankan untuk mengonsumsi vitamin atau makanan penambah darah.

Nah Ladies, siklus menstruasi memang kerap kali mengganggu, namun dengan antisipasi dan penanganan yang tepat Anda akan bisa melewatinya dengan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat ya Ladies. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.