Tahukah Kamu, Mengapa Air dan Minyak Tak Menyatu?

Avatar of PortalMadura.Com
Tahukah Kamu, Mengapa Air dan Minyak Tak Menyatu?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hubungan yang tidak cocok selalu diibaratkan seperti minyak dan kan? Karena meskipun dicampur, minyak dan air tak mungkin menyatu, mengapa?

Karena sifat kimia dan berat jenis benda cair tersebut berbeda. Dalam istilah kimianya, air merupakan senyawa kimia yang bersifat polar. Sedangkan minyak merupakan senyawa kimia yang bersifat nonpolar. Senyawa polar dan nonpolar apabila disatukan tidak dapat bercampur karena memiliki sifat-sifat khas yang berbeda. Air juga memiliki berat jenis yang lebih berat daripada minyak, maka bila dicampur, air selalu berada di bawah dan minyak akan berada di atas.

Selain itu, air dan minyak juga memiliki titik didih yang berbeda lho. Coba perhatikan waktu ibu memasak, jika air dituang kedalam minyak yang panas, air akan bercipratan kemana-mana. Dalam sekejap, cipratan air tersebut akan berubah menjadi uap.

Ini karena pada minyak mendidih pada suhu minyak mencapai 160-200 derajat celcius. Sedangkan minyak mendidih pada suhu 100 derajat celcius.

Mendidih adalah proses perubahan cairan menjadi uap. Jika air dimasukkan ke minyak yang bersuhu 200 derajat, maka seketika volume air membesar sehingga menimbulkan letupan kecil yang menciprat kemana-mana. Waah! Ternyata air dan minyak memang berbeda ya. (berbagaisumber/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.