PortalMadura.com

Tahun 2017, Dana Desa di Sumenep Naik Rp 100 Juta Per Desa

  • Kamis, 12 Januari 2017 | 15:11
Tahun 2017, Dana Desa di Sumenep Naik Rp 100 Juta Per Desa
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com, Sumenep – Anggaran Dana Desa (DD) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada tahun 2017 akan naik Rp 100 juta per desa.

“Anggaran DD tahun ini naik, saat ini masih dalam tahap penyusunan plafon anggaran. Kenaikan itu diprediksi Rp 100 juta per desa,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Ahmad Masyuni, Kamis (12/1/2017).

Rencana kenaikan anggaran DD pada 330 Desa itu diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dalam sistem perekonomian masyarakat.

“Dana Desa itu jangan hanya dimanfaatkan untuk peningkatan infrastuktur di desa, tapi bisa digunakan untuk menciptakan lapangan kerja bagi warganya. Sia-sia, kalau tidak dibarengi dengan peningkatan lapangan kerja,” terangnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, kalau warganya merantau percuma infrastruktur bagus. Oleh karena itu, peningkatan infrastruktur dan lapangan kerja harus seimbang.

DD tersebut bisa diperuntukkan untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Des). Dengan adanya BUM Des nanti bisa mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan menekan angka warga yang bekerja diluar negeri.

“DD juga diharapkan mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” harapnya.

Selama ini, semua desa di Kabupaten Sumenep menerima DD sebesar Rp 1 milyar lebih per desa. (Arifin/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional