Tahun 2017, Dana Desa di Sumenep Naik Rp 100 Juta Per Desa

Avatar of PortalMadura.Com
Tahun 2017, Dana Desa di Sumenep Naik Rp 100 Juta Per Desa
ilustrasi

PortalMadura.Com, – Anggaran Dana Desa (DD) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada tahun 2017 akan naik Rp 100 juta per desa.

“Anggaran DD tahun ini naik, saat ini masih dalam tahap penyusunan plafon anggaran. Kenaikan itu diprediksi Rp 100 juta per desa,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Ahmad Masyuni, Kamis (12/1/2017).

Rencana kenaikan anggaran DD pada 330 Desa itu diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dalam sistem perekonomian masyarakat.

“Dana Desa itu jangan hanya dimanfaatkan untuk peningkatan infrastuktur di desa, tapi bisa digunakan untuk menciptakan lapangan kerja bagi warganya. Sia-sia, kalau tidak dibarengi dengan peningkatan lapangan kerja,” terangnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, kalau warganya merantau percuma infrastruktur bagus. Oleh karena itu, peningkatan infrastruktur dan lapangan kerja harus seimbang.

DD tersebut bisa diperuntukkan untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Des). Dengan adanya BUM Des nanti bisa mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan menekan angka warga yang bekerja diluar negeri.

“DD juga diharapkan mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” harapnya.

Selama ini, semua desa di Kabupaten Sumenep menerima DD sebesar Rp 1 milyar lebih per desa. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.