Tahun 2017, Pemkab Sumenep Optimis Kunjungan Wisman Capai 5 Ribu

Avatar of PortalMadura.Com
Tahun 2017, Pemkab Sumenep Optimis Kunjungan Wisman Capai 5 Ribu
Wisata Pantai Sembilan di Gili Genting

PortalMadura.Com, – Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, optimis kunjungan Wisata Mancanegara () tahun ini mencapai target 5 ribu orang, meski hingga pertengahan tahun ini jumlah kunjungan wisman masih sekitar 700 orang.

“Ini kan masih baru pertengahan tahun, jadi masih ada sisa waktu sekitar beberapa bulan lagi. Jadi, kami optimis kunjungan wisman ke Sumenep mencapai 5 ribu orang,” kata Kepala , Sufiyanto, Selasa (18/7/2017).

Ia menyampaikan, untuk tahun ini ada 12 kali kunjungan wisman ke Bumi Sumekar yang telah terjadwal. Hingga saat ini sudah ada enam kali kunjungan wisman dari berbagai negara.

“Total wisman dari berbagai negara itu sekitar 700 orang. Itu yang telah terjadwal, di luar kunjungan yang telah terjadwal kan pasti ada,” ucapnya.

Ia menegaskan, pada akhir tahun nanti akan ada beberapa even yang akan digelar oleh pemerintah daerah guna menyedot perhatian para wisman datang ke Sumenep.

“Nanti pada bulan September dan Oktober akan ada even. Saat itu pula akan ada banyak wisman datang ke Sumenep,” tegasnya.

Pemerintah Kabupaten Sumenep mencanangkan pada tahun 2018 sebagai tahun kunjungan wisata atau “Sumenep Visit Year 2018”. Untuk mensukseskan program tersebut, pemerintah daerah telah meningkatkan fasilitas sejumlah objek wisata yang ada, bahkan telah membentuk dua objek wisata sebagai wisata unggulan yakni Pantai Gili Labak, Desa Kombang, Kecamatan Talango dan Pulau Kesehatan di Pulai Giliyang, Kecamatan Dungkek.

Selain itu, Sumenep juga memiliki banyak potensi objek wisata baik yang telah di kelola oleh pemerintah maupun yang dikelola oleh masyarakat. Untuk objek wisata yang telah dikelola pemerintah daerah ada tiga objek yakni Pantai Lombang di Kecamatan Batang-batang, Pantai Slopeng di Kecamatan Dasuk dan Museum Keraton Sumenep di Kecamatan Kota.

Untuk objek wisata yang dikelola oleh masyarakat umum yakni Pantai Sembilan di Kecamatan Gili Genting, Water Park Sumekar (WPS) di Kecamatan Manding, Tirta Sumekar Indah (TSI) dan Tectona di Kecamatan Batuan, dan Kirmata di Kecamatan Saronggi. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.