Tahun 2018, Pamekasan Ditarget Bebas Banjir

Avatar of PortalMadura.Com
Tahun 2018, Pamekasan Ditarget Bebas Banjir
dok. Achmad Sjaifuddin (rri.co.id)

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menargetkan pada tahun 2018 wilayahnya .

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Pamekasan, Achmad Sjaifuddin mengatakan, pihaknya telah melakukan normalisasi sungai di sejumlah titik untuk mewujudkan target tersebut. Seperti di kali Semajid, kali Jombang dan Sungai kali Kloang.

“Kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya, banjir yang terjadi pada saat hujan turun sudah mulai berkurang setelah kami melakukan normalisasi sungai dari Kota Pamekasan hingga ke Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu,” klaimnya, Selasa (29/11/2016).

Dikatakan Achmad Sjaifuddin, dari sekian daerah yang sebelumnya rawan terjadi banjir, saat ini tinggal 13 titik yang belum steril. Salah satunya adalah Jalan Jokotole, Jalan Brawijaya, Kelurahan Jungcangcang, Kecamatan Pamekasan dan di Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Pamekasan.

“Terjadinya luapan air tersebut karena ada saluran yang menyumbat. Makanya, kami lakukan normalisasi di beberapa aliran sungai,” pungkasnya.

Selain normalisasi aliran air, pihaknya juga mencegah terjadinya longsor di bibir sungai. Caranya dengan memasang alat penyanggah berupa beton. Diharapkan seluruh perbaikan yang dilakukan tahun ini rampung tahun 2017, sehingga pada tahun 2018 Pamekasan bebas banjir. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.