Tak Kantongi Izin, Pemkab Sumenep Tutup Paksa Minimarket dan Kafe

Avatar of PortalMadura.Com
Ist. Proses penutupan paksa dua tempat usaha
Ist. Proses penutupan paksa dua tempat usaha

PortalMadura.Com, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan penutupan paksa terhadap dan Cafe Simple yang terletak di lingkar timur atau Jalan Arya Wiraraja Sumenep (sebelah barat terminal Arya Wiraraja), Kamis (19/1/2017) sore.

Penutupan dengan cara disegel menggunakan gembok milik Satpol PP lantaran pemilik dua tempat usaha tidak mengantongi izin dan tidak mengindahkan peringatan.

“Tidak secara serta merta langsung disegel, tapi sudah ada proses pembinaan melalui teguran dan peringatan sejak awal tahun 2016,” terang Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, Sumenep, Abd. Madjid.

Bahkan, dua bulan lalu, tim penertiban juga sudah turun langsung. “Namun, pemiliknya tetap tidak mengindahkan. Ya, kami tutup saja, sebagai pembelajaran pada masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan, sampai saat ini pemilik usaha belum mengantongi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Gangguan (HO).

“Baru boleh dibuka, jika pemiliknya sudah mengurus semua izin itu,” tandasnya.

Ia mengungkapkan, bahwa tidak ada alasan mengurus izin itu sulit atau lama. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Sumenep sudah menerapkan pembuatan izin usaha via online. “Jadi, tidak ada yang sulit atau lama dalam prosesnya. Satu atau dua hari bisa selesai,” katanya.

Pada saat melakukan penutupan paksa, selain petugas dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu dan Satpol PP, juga dari bagian hukum Pemkab Sumenep.

Sementara, pengelola usaha, Valentine Gusno, mengaku tidak tahu persoalan tersebut. “Saya tidak tahu apa-apa, saya cuma mengelola usaha ini. Ini atasnama suami,” dalihnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.