Tanaman Diserang Hama, Anggota TNI Bantu Petani

Avatar of PortalMadura.Com
Tanaman Diserang Hama, Anggota TNI Bantu Petani
TNI Bantu Petani

PortalMadura.Com, – Anggota Koramil 0826/06 Pademawu Pamekasan, Madura, Jawa Timur membantu di Desa Jarin Kecamatan Pademawu setelah tanamannya diserang hama, Rabu (18/2/2016).

Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Arm. Mawardi mengatakan, hama blas atau jamur yang menyerang tanaman padi disebabkan oleh jamur pyricularia oryzaedan yang dapat menyerang tanaman padi pada semua fase. Mulai pertumbuhan, persemaian sampai panen.

“Pada vase vegetative hama tersebut menyerang pada daun, sehingga menimbulkan bercak coklat belah ketupat dan bisa mengakibatkan tanaman mati,” ungkapnya.

Dikatakan, pada vase generative ini hama tersebut umumnya menyerang pada bagian leher yang mengakibatkan tanaman padi Furo.  Kelembapan dengan  suhu malam hari sekitar 22-29 derajat C menjadi faktor yang mempengaruhi perkembangan tanaman.

“Penggunaan pupuk nitrogen yang berlebihan dan ketahanan varietas yang ditanam. Dengan tipikal itu dalam pengendalian perlu dilakukan secara terpadu dengan berbagai cara,” tandasnya.

Dia menghimbau kepada para Poktan untuk segera melakukan gerakan bersama pengendalian hama menggunakan fungisida. Salah satunya dengan cara bekerja sama dengan para Babinsa Kodim 0826/Pamekasan yang secara resmi sudah diberi tugas pendampingan kepada para petani dalam pengawalan pencapaian swasembada padi, jagung, dan Kedelai. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.