Tanggap Darurat Bencana, Empat Desa di Sumenep Bentuk Destana

Avatar of PortalMadura.com
Tanggap Darurat Bencana, Empat Desa di Sumenep Bentuk Destana
dok. Kepala BPBD Sumenep, Abd Rahman Riadi (Foto : Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menfasilitasi pembentukan () di 4 desa, yakni Langsar, Kecamatan Saronggi, Desa Sindir, Kecamatan Lenteng, Desa Pragaan Laok, Kecamatan Pragaan dan Payudan Daleman, Kecamatan Guluk-guluk.

Pembentukan Destana itu bertujuan untuk mengatasi bencana apapun yang terjadi di desa tersebut, sehingga desa memiliki kecepatan tanggap darurat mengatasi bencana yang terjadi.

“Kami sudah menfasilitasi desa dalam pembentukan Destana di empat desa. Ini tujuannya untuk tanggap darurat dalam mengatasi bencana,” kata Kepala BPBD Kabupaten Sumenep, Abd Rahman Readi, Jumat (22/9/2017).

Dalam pembentukan Destana itu desa harus memiliki beberapa kriteria diantaranya desa harus memahami karakter bencana, memiliki rencana program, dan ada keberpihakan dana dari desa melalui DD dan ADD.

“Empat desa ini sering terjadi bencana. Untuk Desa Langsar terjadi bencana kekeringan, Desa Sindir bencana banjir, Desa Pragaan Laok dan Payudan Daleman terjadi bencana longsor,” ucapnya.

Ia berharap, desa lain ikut membentuk Destana agar kalau terjadi bencana bisa cepat ditanggapi, bahkan bisa mengantisipasi terjadinya bencana sebelum terjadi. “Harapan kami desa yang sering terjadi bencana segera membentuk Destana itu,” harapnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.