Wisata  

Tanjung Aan, Pantai Yang Indah di Antara Gundukan Bukit

Avatar of PortalMadura.Com
Tanjung Aan, Pantai Yang Indah di Antara Gundukan Bukit

PortalMadura.Com – Pulau memiliki jajaran pantai yang eksotis dan mengagumkan. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Aan atau yang biasa disebut Tanjung An oleh penduduk sekitarnya.

Pantai ini terletak di daerah Mandalika Resort di Desa Kuta, Jaraknya sekitar 75 km dari ibu kota NTB yakni Mataram. Letaknya kurang lebih 3 km dari pantai Kuta, Lombok Tengah. Jika ditempuh dari bandara internasional Lombok akan memakan waktu sekitar satu jam perjalanan.

Keunikan pantai Tanjung Aan terdapat pada pasirnya, sekilas tampak putih semua namun jika diamati baik-baik akan terlihat sebagian pasir yang berwarna kekuningan. Perbedaannya pun semakin terlihat jelas saat kamu meraba atau menginjak pasir tersebut, pasir yang berwarna putih terasa lembut bak tepung atau bedak bayi sedangkan yang berwarna kekuningan terasa menggumpal seperti butiran-butiran kecil ditelapak kaki hampir sama seperti merica. Maka dari itu banyak pula orang yang menyebut pantai Tanjung Aan sebagai “Pantai Tepung dan Pantai Merica”.

Selain itu, pantai ini dipisahkan oleh gundukan melengkung dengan panjang lebih dari 5 km. Gundukan bukit ini memiliki ukuran yang cukup besar dan luas. Gundukan ini diperkirakan terbentuk akibat penumpukan lava di bawah laut yang mengalami pengangkatan sehingga terlihat seperti batuan-batuan besar di sekitar bukit. Juga terdapat lapisan lava yang seperti menganak tangga di depan bukit tersebut.

Pesona Pantai Tanjung Aan sendiri sebenarnya cocok untuk kamu yang senang menikmati suasana santai, sepi, dan menenangkan karena Pantai ini relatif sepi. Ombaknya pun tidak terlalu tinggi, maka dari itu jarang sekali ada wisatawan yang datang kemari untuk berselancar. namun menjelang sore hari desiran ombak semakin kuat dan jarang-jarang bisa mencapai ketinggian 2-3 meter menjadikan ini momen yang pas untuk para wisatawan yang ingin berselancar. aktivitas air lainnya yang bisa kamu dilakukan di pantai ini adalah diving dan snorkling. kalau kamu lupa membawa atau tidak memiliki peralatannya, jangan khawatir! karena di tepi pantai banyak yang menyewakannya.

Bagi yang malas berbasah-basahan, berjemur di pinggir pantai sambil menikmati es kelapa muda pun juga tak kalah menyenangkan, atau kalau berminat kamu bisa menaiki perahu boat sewaan dan memanjakan mata dengan indahnya perairan bening di Tanjung Aan. Komposisi warna yang kontras dari langit biru, air biru dan gundukan bukit hijau dijamin membuat kamu ketagihan berfoto. Kendati demikian tampaknya keindahan dan keunikan Pantai Tanjung Aan belum menarik minat para investor, di pantai ini belum ada fasilitas apapun selain hotel dan penginapan kecil. penasaran ya dengan Pantai Tanjung Aan? Yuk langsung aja datang kemari. (telusurindonesia.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.