Tanpa Paksaan, Ini 6 Cara Efektif Didik Anak Agar Patuh Pada Orang Tua

Avatar of PortalMadura.com
Tanpa Paksaan, Ini 6 Cara Efektif Didik Anak Agar Patuh Pada Orang Tua
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebiasaan mendidik dengan kekerasan fisik maupun mental akan berdampak buruk bagi perkembangannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda sebagai orang tua mendidik anak dengan cara memberi pengertian bahwa patuh terhadap orang tua adalah hal yang baik dan bernilai positif.

Namun semua itu tidaklah mudah dilakukan, harus penuh kesabaran dan usaha yang keras agar apa yang Anda inginkan terhadap anak Anda bisa terwujud. Berikut ini beberapa cara mendidik anak agar patuh terhadap orang tua:

Konsisten Terhadap Peraturan yang Dibuat
Orang tua harus konsisten dalam menentukan peraturan untuk membuat anak disiplin. Misalnya hari ini Anda melarang anak bermain playstation di malam hari, maka di hari-hari berikutnya peraturan ini juga harus tetap dijalankan. Dengan konsisten menerapkan peraturan akan membuat anak menjadi disiplin dan patuh terhadap orang tua.

Buat Anak Menyadari Kesalahannya dan Merasakan Konsekuensi dari Kesalahannya
Saat anak melakukan kesalahan, tegurlah dengan bijak sampai anak menyadari kesalahannya dan berilah hukuman (yang bijak) atas kesalahan yang telah dilakukan agar sang anak merasakan konsekuensi berupa hukuman dari kesalahannya.

Beri Contoh Positif
Berilah contoh positif kepada anak. Jika orang tua tidak mematuhi peraturan, bagaimana anak akan mematuhi peraturan? Cara ini sangat efektif, karena pada umumnya anak akan mencontoh sikap dan ucapan orang tua.

Bersikap Tegas (bukan keras)
Tegas bukan berarti harus bersikap keras, karena dalam ketegasan masih ada kelembutan atau kasih sayang. Cobalah untuk mengerti perasaan mereka dan tekankan bahwa mereka harus bisa mengikuti peraturan dan arahan orang tua.

Beri Pujian, Penghargaan atau Sanjungan Saat Anak Mematuhi Peraturan
Jangan ragu untuk memuji dan membesarkan hati anak Anda ketika mereka melakukan hal yang Anda inginkan. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih dihargai atas usahanya dan tentunya mereka akan lebih bersemangat untuk patuh terhadap orang tua tanpa dipaksa.

Memperkuat Hubungan Dengan Anak
Anak-anak tentunya tidak akan mau patuh kepada orang tua kalau hubungan orang tua dan anak tidak dekat, jarang berkomunikasi, dan jarang menghabiskan waktu bersama anak. Luangkanlah waktu untuk lebih sering bersama mereka agar hubungan Anda dan anak dekat, Anda dapat mengetahui perkembangan mereka, dan mereka merasa dapat perhatian dari Anda sebagai orang tua. Kedekatan adalah salah satu cara mendidik anak yang baik dan cara membuat mereka patuh kepada orang tua. (ummi-online.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.