Telur Setengah Matang Lebih Sehat

Avatar of PortalMadura.Com
Telur Setengah Matang Lebih Sehat

PortalMadura.Com – Dari jaman dahulu, telur rebus dianggap sebagai menu sehat untuk sarapan karena mengandung nutrisi penting seperti protein, riboflavin dan selenium. Pamor telur rebus, bahkan disebut sudah meningkat sejak jaman Romawi Kuno, di mana orang lebih memilih telur dibanding makanan lainnya.

Tapi banyak orang yang khawatir, karena disebutkan mengonsumsi telur setiap hari dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Sebutir telur disebut mengendung 186 miligram kolesterol. Faktanya memang kuning telur mengandung komponen yang disebut lesitin, yang efektif terhadap sclerosis karena kompres kadar kolesterol. Namun tidak perlu khawatir untuk makan telur secara teratur, karena makanan ini menyediakan nutrisi penting untuk tubuh.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, bagaimana memasak telur yang sehat. Apakah telur setengah matang bagus untuk kesehatan? Kuning telur mengandung kolesterol yang dibutuhkan untuk perkembangan mental, sementara belerang mengandung asam amino dan asam lemak rantai panjang yang dibutuhkan untuk perkembangan otak. Di sisi lain, kuning telur banyak mengandung nutrisi termasuk bioflavonoid dan lemak otak seperti fosfatidil kolin dan sulfur.

Sangat bermanfaat jika Anda mengonsumsi telur setengah matang ketimbang telur goreng. Pasalnya telur setengah matang tidak ‘merusak’ nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Dengan merebus telur dalam waktu singkat akan mematikan bakteri membandel di dalamnya. Telur setengah matang juga tidak memisahkan belerang biru-hijau seperti halnya telur rebus.

Telur setengah matang juga lebih rendah kalori dibanding resep telur lainnya, termasuk telur goreng dan telur dadar. Telur steengha matang hanya mengandung 78 kalori dan 5,3 gram lemak (1,6 gram diantarany adalah lemak jenuh). Kalori ini cukup kurang dibandingkan dengan makanan lain. Sementara telur yang dimasak dalam minyak atau mentega bisa mengandung 90 kalori, 6.83 gram lemak (2 gram lemak jenuh).

Telur mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral. Merebusnya setengah matang akan menjaga bahan penting itu tetap utuh. Makan sebutir telur setengah matang bisa menyediakan sekitar 74 mikrogram vitamin A, nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan mata.

Jadi mulai sekarang ganti telur goreng dengan telur setengah matang untuk sarapan Anda. (boldsky/suara)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.