Tenggelam, Kapal Kayu Bermuatan 3 Ton Garam di Pelabuhan Kalianget

Avatar of PortalMadura.Com
Tenggelam, Kapal Kayu Bermuatan 3 Ton Garam di Pelabuhan Kalianget
Kapal Tenggelam

PortalMadura.Com, – Kapal Layar Motor (KLM) Sabar Jaya, pengangkut garam disisi utara Pelabuhan III Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (14/9/2015).

Kapal yang berkapasitas 300 ton garam itu, mengalami kebocoran di bagian bawah, sehingga air masuk ke dalam kapal.

“Berselang sekitar 1,5 jam kapal akhirnya tenggelam, beruntung sepuluh anak buah kapal yang ada didalam berhasil menyelamatkan diri,” ungkap Moh Roy, salah satu anak buah KLM Sabar Jaya.

ABK yang bertugas di bagian mesin itu menyatakan, kapal mengalami kebocoran di sisi kiri bawah, ketika itu ia berusaha menghidupkan mesin pompa, namun tidak nutut karen air terlalu banyak yang masuk ke dalam, sehingga seluruh ABK disuruh keluar.

“Kami sudah berusaha menghidupkan pompa air tapi tidak kuat,” ujarnya.

Ia menerangkan, posisi kapal awalnya berada ditengah dermaga pelabuhan sedang menaikkan garam, namun setelah sekitar 3 ton garam berada di kapal, tiba-tiba posisi kapal miring, sehingga ABK dibantu warga berusaha mendorongnya ke sisi utara pelabuhan.

“Posisi kapal saat menaikkan garam masih berada di tengah, setelah diketahui kapal miring, di dorong ke utara, kemudian tenggelam,” kata Williayanto, petugas keselamatan pelayaran Sahbandar Kalianget.

Williyanto menjelaskan, tenggelamnya kapal Sabar Jaya, sekitar pukul 7.00 Wib, kapal itu masuk di Dermaga Pelindo III, dan langsung mengisi garam.

Sekitar pukul 10. 00 Wib, kapal mengalami kebocoran hingga akhirnya tenggelam.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, sedangkan jumlah kerugiannya ditaksir mencapai miliaran rupiah, namun jumlah pastinya masih belum diketahui,” ucapnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.