Terapkan Langgam Arsitektur Tradisional, Dinas PRKP dan Cipta Karya Sumenep Studi Banding ke Badung

Avatar of PortalMadura.com
Terapkan Langgam Arsitektur Tradisional, Dinas PRKP dan Cipta Karya Sumenep Studi Banding ke Badung
Sumenep Studi Banding ke Kabupaten Badung, Bali

PortalMadura.Com, Badung – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman (PRKP) dan Cipta Karya, Kabupaten , Madura, Jawa Timur, melakukan studi banding ke Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Badung, Bali, Selasa (11/4/2017).

“Studi banding ini perlu dilakukan untuk memantapkan program penerapan tradisional Sumenep. Saat ini, mulai menerapkan sambil lalu sosialisasi pada masyarakat,” kata Kadis PRKP dan Cipta Karya Sumenep, Bambang Irianto.

Dijelaskan, bahwa pembangunan gedung berkarakter dengan langgam (atau khas, red) budaya tradisional Sumenep, telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) No. 4 tahun 2014, tentang pembangunan gedung.

Dipilihnya Kabupaten Badung, Bali sebagai tujuan studi banding, selain Bali mempunyai khas tersendiri juga Badung merupakan kabupaten terbesar yang mampu memberikan kontribusi besar pada pemerintahan lain yang ada di Bali.

“Kami ingin bangunan yang ada di Sumenep itu tertata dengan baik dan mempunyai ciri khas dan berkarakter, seperti di Bali. Apa yang kami akan lakukan ini tentu kaitannya dengan nata kota,” ujarnya.

Dikatakan, ketentuan mengenai kaidah/norma tradisional dalam pembangunan gedung dengan langgam tradisional terdiri dari ketentuan pada aspek perencanaan, pembangunan, dan pemanfaatannya.

Arsitektur lokal bangunan budaya Sumenep adalah pola bangunan Tanean Lanjhang dan bangunan Rumah Panggung yang memiliki ciri khas bentuk atap trompesan, pegun dan bangsal.

Arah atau orientasi Tanean Lanjhang pada konsep kekerabatan keluarga pokok, dengan pola masa bangunan membujur Barat-Timur.

Dalam studi banding tersebut, juga ikut sejumlah anggota DPRD Sumenep, dari Komisi III dan sejumlah staf Dinas PRKP dan Cipta Karya Sumenep, sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Selama di Kabupaten Badung, Bali, rombongan dari Sumenep, banyak melakukan diskusi bersama seorang Kabid di PU dan Penataan Ruang, Kabupaten Badung, I Gst. A. NGR. Arinda Trisnawa, ST. (Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.