Tidur Anda Sering Terganggu Bunyi Smartphone? Atasi dengan 3 Langkah Ini

Avatar of PortalMadura.com
Tidur Anda Sering Terganggu Bunyi Smartphone? Atasi dengan 3 Langkah Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Apakah Anda termasuk salah satu orang yang merasa terganggu saat tidur lantaran ?. Berbagai notifikasi yang berbunyi dari aplikasi android biasanya akan menyulitkan waktu tidur.

Apalagi sebelum tidur Anda masih bermain ponsel. Bukan hanya mengurangi waktu tidur, hal ini tentu akan berpengaruh pada aktivitas yang akan dilakukan karena merasa ngantuk. Saat kesehatan sudah terganggu maka otomatis produktivitas kegiatan akan menurun.

Lantas langkah apa yang bisa dilakukan?. Berikut ini sejumlah tips agar tidur Anda tidak lagi terganggu oleh smartphone:

Hubungan Smartphone dan Tidak Bisa Tidur
Sebelum mengatasi gangguan tidur karena smartphone, terlebih dahulu Anda harus mengetahui penyebab utama tidak bisa tidur karena smartphone. Rupanya, ini karena smartphone memiliki sinar biru yang terpancar dari layar. Tidak cuma smartphone, sinar biru ini juga ada pada layar perangkat elektronik lainnya.

Sinar biru ini memengaruhi kandungan melatonin dalam tubuh Anda pada malam hari. Melatonin merupakan hormon tidur yang didiskresikan oleh kelenjar pineal di tubuh. Singkat kata, Melatonin bertanggung jawab mengatur siklus bangun-tidur tubuh manusia. Nah, sinar biru bisa dibilang merupakan rival dan menekan tingkat Melatonin di tubuh.

Atur Warna Layar Menjadi Lebih ‘Hangat'
Saat Anda mengetahui penyebabnya, Anda akan lebih mudah mengatasi gangguan tidur yang disebabkan smartphone. Caranya mudah, yakni dengan menghindari sinar biru dari smartphone. Tampak sangat mudah diucapkan, tetapi tips ini sulit untuk diterapkan.

Makanya, ada satu cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari paparan sinar biru dari layar smartphone, yakni dengan mengatur warna layar (hue) menjadi lebih hangat (warm) saat malam hari.

Saat ini, beberapa smartphone sudah menghadirkan pilihan pengaturan layar. Sekadar diketahui, sinar merah (atau warna hangat lainnya) memiliki efek juga ke Melatonin, tetapi efeknya lebih rendah dibandingkan sinar biru. Oleh karena itu, usahakan agar Anda menyesuaikan tingkat warna agar terhindar dari paparan negatif sinar biru. Buat pengguna iPhone, Anda bisa menggunakan fitur “Night Shift” bila sudah menggunakan iOS 9.2.

Pakai Bantuan Hardware
Bukan hanya software yang mampu menghindarkan pengguna dari paparan sinar biru saat malan hari. Ada beberapa produk eksternal yang bisa membantu Anda. Misalnya kacamata dengan lensa warna orange untuk menghalangi sinar biru.

Selain itu, jangan lupa untuk memakaikan pelindung layar smartphone yang mampu memerangi sinar biru dari ponsel.

Langsung Tidur, Jangan Sentuh Smartphone
Cara mudah untuk bisa tidur tanpa gangguan smartphone adalah jauhkan smartphone dari jangkauan Anda saat malam hari. Setidaknya, sejam sebelum tidur, smartphone harus sudah berada jauh dari jangkauan Anda. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.