Tiga PDAM di Madura Dinyatakan Kurang Sehat

Avatar of PortalMadura.com
Tiga PDAM di Madura Dinyatakan Kurang Sehat
Anggota BPPSPAM, Unsur Pelanggan, Ir. Syamsul Hidayat MS (Foto: Moh. hartono)

PortalMadura.Com, – Tiga , Jawa Timur, meliputi PDAM Pamekasan, Sampang dan Bangkalan dinyatakan kurang sehat.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (), Unsur Pelanggan, Ir. Syamsul Hidayat MS, di Sumenep.

Catatan kinerja PDAM tahun 2017 Provinsi Jatim, PDAM Kabupaten Sampang mendapat nilai 2,68 (kurang sehat), Bangkalan 2,61 (kurang sehat) dan PDAM Pamekasan 2,48 (kurang sehat) dan Sumenep 2,99 (sehat).

Baca: Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Syamsul Hidayat: PDAM Sumenep Masuk Kategori Sehat

Penilaian untuk menentukan kategori tersebut meliputi, keuangan, operasional, pelayanan, dan aspek Sumber Daya Manusia (SDM).

Dari empat aspek itu, terdapat 18 kriteria yang menjadi sasaran penilaian atau pengawasan kami. Ini berlaku untuk semua PDAM se-Indonesia.

“Jika nilainya di bawah 2,2 masuk kategori sakit. Dan dari 2,2 sampai 2,8 kurang sehat,” terang Syamsul Hidayat MS, usai pembukaan Workshop pilot project penurunan kehilangan air pada PDAM wilayah I, di salah satu hotel di Sumenep.

Dijelaskan, bahwa di Jawa Timur terdapat 38 PDAM. Jika diurutkan berdasarkan nilai yang disandang PDAM khusus Madura, masuk diurutan ke 26, PDAM Sampang urutan ke 33, PDAM Bangkalan ke 34 dan PDAM Pamekasan berada di urutan ke 37.

“Semua PDAM kita berlakukan sama, yakni pembinaan melalui pelatihan-pelatihan. Salah satunya, seperti yang kita lakukan di Sumenep ini,” tandasnya. (Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.