Tips Ajari Anak Hadapi Orang Asing

Avatar of PortalMadura.Com
Tips Ajari Anak Hadapi Orang Asing
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kejahatan terhadap -anak bisa terjadi di mana saja. Ajari anak Anda apa yang harus dilakukan saat menghadapi orang asing.

Nah agar Si Kecil mendapatkan konsep yang jelas mengenai orang yang perlu diwaspadai dan tidak, ikuti langkah berikut.

Diskusi tentang konsep orang asing

Menginjak usia 4 tahun biasanya Si Kecil sudah bisa diajak berdiskusi. Jelaskan padanya orang asing adalah seseorang yang tidak ia kenal. Dan orang tersebut juga tidak diketahui baik atau tidaknya. Di sini Anda dapat menjelaskan ketidaktahuan mengenai siapa orang asing tersebut membuat ia harus waspada dan berhati-hati.

Jelaskan siapa saja orang dewasa yang dapat ia percaya

Anda harus menjelaskan siapa saja orang yang aman baginya, mulai dari nenek, kakek, juga para tante dan om. Atau orang yang bekerja di bidang keamanan seperti sekuriti dan polisi.

Persiapkan keadaan darurat

Saat Anda berkunjung ke supermarket atau mal, perkenalkan padanya pegawai toko atau petugas keamanan melalui seragam yang digunakan. Jelaskan padanya jika ia terpisah dari Anda segera menemui orang-orang tersebut. Jika ia diajak berbicara oleh seseorang yang tidak dikenal, langsung saja menuju orang yang berseragam.

Jangan pernah menerima apapun dari orang asing

Hal ini juga wajib diajarkan pada Si Kecil. Jelaskan padanya, jika ia tidak mengenal orang tersebut, tak perlu menerima apapun darinya, termasuk barang-barang atau makanan yang ia sukai seperti es krim, permen atau coklat.

Belajar tentang tubuh

Yang satu ini juga sangat penting, tak hanya orang asing terkadang orang terdekat juga bisa saja melakukan kejahatan seksual. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengajari ia seputar bagian tubuh yang boleh dan yang tidak boleh disentuh oleh orang lain sejak dini. (smartmama.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.