Tips Aman Olahraga Saat Bulan Puasa

Avatar of PortalMadura.Com
Tips Aman Olahraga Saat Bulan Puasa
ilustrasi

PortalMadura.Com yang baik saat adalah olahraga yang dapat meningkatkan kebugaran.

Yang paling penting yang harus selalu kita ingat adalah, kita harus senantiasa menyesuaikan olahraga yang kita lakukan dengan kondisi tubuh.

Berikut adalah beberapa tips berolahraga saat puasa Ramadan, terutama untuk kita sebagai masyarakat umum (non-atlet).

Pilih waktu yang tepat

Mentang-mentang masih merasa sanggup lantas kamu terlalu bersemangat dan melakukan olahraga di pagi hari setelah sahur. Melakukan aktivitas fisik pada pagi hari akan menguras tenaga yang akan menjadi cadangan energi untuk melakukan aktivitas lainnya seharian.

Nah, waktu yang ideal untuk berolahraga adalah saat-saat menjelang buka puasa, lebih tepatnya satu atau setengah jam sebelum berbuka. Sebab kamu tidak perlu menunggu terlalu lama untuk makan dan minum saat merasa haus setelah berkeringat karena berolahraga saat berpuasa, Guys.

Olahraga secukupnya saja

Saking asiknya berolahraga, kamu bisa saja lupa jika sedang berpuasa. Nah, untuk menghindari hal itu sebaiknya olahraga yang kamu lakukan dibatasi tidak lebih dari satu jam. Ketahui juga batas kemampuan tubuh kamu, jangan memaksakan diri untuk olahraga terlalu lama. Kualitas lebih penting daripada kuantitas, perlu di ingat juga olahraga di bulan puasa bertujuan untuk mempertahankan kebugaran tubuh, bukan untuk membentuk tubuh atau mencapai tujuan lainnya.

Olahraga di pagi hari

Hal ini mungkin tidak umum, tetapi sebenarnya kita masih dapat melakukan olahraga dengan baik di pagi hari selama puasa. Olahraga di pagi hari adalah baik-baik saja karena jaringan otot sudah aktif dan siap untuk berlatih.

Olahraga yang tepat di pagi hari adalah jalan atau bersepeda santai, sambil misalnya berjalan ke masjid untuk shalat subuh berjamaah, kemudian pulang ke rumah dengan sedikit berputar-putar jalur, sekitar 30 menit, agar diperoleh durasi yang tepat.

Yoga

Yoga kini menjadi alternatif lain selain gym. Selain membuat bugar yoga juga meliputi latihan peregangan otot atau sejenis pemanasan. Yoga setidaknya berguna untuk melemaskan otot dengan melakukan gerakan tubuh supaya kamu lebih segar. Nah, seperti jogging atau jalan kaki, yoga sebaiknya dilakukan saat mendekati waktu berbuka. Meskipun yoga bisa dilakukan di dalam rumah, namun dampaknya tetap menguras energi. Biasanya akan membuat kamu merasa haus sehingga keinginan untuk minum cukup tinggi.

Itulah beberapa tips aman dalam berolahraga saat bulan puasa. (mozaic.co.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.