Tips Bagi Pelajar : Cara Membuat Catatan Yang Baik di Kelas

Avatar of PortalMadura.Com
Tips Bagi Pelajar : Cara Membuat Catatan Yang Baik di Kelas
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Catatan yang baik akan mendukung kelancaran kita dalam belajar di kelas. Serta akan mempermudah mengingat kembali penjelasan-penjelasan guru.

Ternyata, ada cara tersendiri untuk membuat catatan yang praktis. Berikut ini tipsnya.

Catat kata kunci yang penting
Jika gurumu selalu menulis catatan kecil di papan tulis, kamu beruntung. Kamu hanya perlu mencatat ulang saja. Tetapi jika tidak, catatlah setiap poin penting dari apa yang gurumu katakan. Contohnya fakta-fakta unik yang terjadi selama perang dunia, atau juga rumus-rumus yang lebih mudah dipahami daripada di buku.

Jangan terlalu berlebihan
Membuat catatan bukan berarti menulis semua hal yang dikatakan di dalam kelas, karena ketika kamu terlalu fokus untuk membuat catatan yang benar, kamu akan ketinggalan poin-poin yang sebenarnya lebih penting. Beberapa orang mengaku lebih baik dalam pelajaran ketika mereka mendengarkan materinya, mencatat kata-kata yang penting lalu mempelajarinya lagi seusai kelas.

Tanya
Jangan takut meminta gurumu mengulang beberapa hal yang kamu belum mengerti. Jika mungkin kamu terlalu malu untuk bertanya di kelas, kamu bisa menemui gurumu setelahnya.

Bandingkan
Coba bandingkan catatanmu dengan catatan temanmu, mungkin saja ada beberapa hal yang kamu lewatkan dan minta temanmu untuk membantu menjelaskannya. Kalian bisa berbagi informasi bersama-sama.

Salin dan susun
Mungkin ada beberapa tulisan yang tidak rapi saat kamu terburu-buru menulisnya. Salinlah di tempat lain agar lebih mudah dibaca dan susunlah sesuai pelajarannya agar nantinya lebih mudah ditemukan saat tiba waktunya untuk ujian.

Membuat catatan dapat meningkatkan kepercayaan dirimu saat belajar. (cnnindonesia.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.