Tradisi Unik, Beras Sareang Dijadikan Jimat Pada Selamatan Pernikahan di Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Tradisi Unik, Beras Sareang Dijadikan Jimat Pada Selamatan Pernikahan di Sumenep
Ist. Beras Sareang

PortalMadura.Com, – Sebagian warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, khususnya di Desa Batang-Batang Daya, Kecamatan Batang-batang dan desa sekitarnya selalu menggunakan ‘‘ sebagai jimat untuk keselamatan pada pesta pernikahan.

Beras sareang adalah beras yang pertama kali diterima oleh yang mempunyai hajatan dari warga sekitar yang hendak membantunya (Madura-atolong, membantu). Membawa beras pada saat hajatan sudah menjadi budaya dilingkungan desa tersebut. Kisarannya, 3,5 kilogram. Jika di daerah lain berupa uang yang diberikan pada saat resepsi.

Beras pertama yang diterima (beras sareang, Madura) ditempatkan disalah satu ruang atau kamar khusus yang dijaga seseorang dari keluarga dekatnya. Biasanya, yang menjaga adalah orang yang sudah lanjut usia. Tujuannya, agar tidak ada yang mengganggu.

Selain itu, juga ada rempah-rempah, terutama bawang putih, boneka, damar kambang, dan sebilah keris yang ditancapkan, berbagai macam jenis kue (sesuai dengan yang dibuat pada saat hajatan, minuman sejenis kopi, serta jajanan pasar tradisoinal warna tujuh.

“Tradisi ini, sudah dilakukan secara turun temurun. Saya juga tidak tahu maksudnya. Namun, para sesepuh itu bilang, ya untuk keselamatan selama pelaksanaan hajatan pernikahan,” kata salah seorang warga Desa Batang-Batang Daya, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, Siti Naisa (37), pada PortalMadura.Com, Sabtu (9/7/2016).

Sebelumnya, juga ngaji atau membaca Alquran dan melaksanakan doa-doa khusus yang dilakukan oleh seseorang yang ditokohkan dilingkungan warga setempat. “Damar kambang itu juga harus tetap hidup selama pelaksanaan hajatan. Yang bertugas memantau, ya orang yang dipercaya untuk menjaga,” terangnya.

Usai hajatan, beras sareang dan segala macamnya itu diberikan kepada orang yang bertugas menjaga. Bahkan, tuan rumah juga memberi imbalan berupa uang seikhlasnya sebagai tanda terima kasih atas kesuksesannya melaksanakan keluarganya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.