Trik Memainkan Game Catur Melalui Facebook Messenger di Smartphone

Avatar of PortalMadura.Com
Trik Memainkan Game Catur Melalui Facebook Messenger di Smartphone
Ist.Net

PortalMadura.Com – Walaupun hanya sebuah aplikasi chatting, namun Messenger ternyata juga bisa digunakan untuk memainkan game catur secara online bersama teman Anda. Bagaimana caranya?

1. Sebelum memainkan game catur ini, sebaiknya pengguna terlebih dahulu menginstall aplikasi pesan Facebook ke dalam smartphone.

2. Setelah proses donwload dan penginstallan aplikasi berjalan sukses, dan shortcut aplikasi sudah terpampang di layar smartphone Anda maka aplikasi bisa dijalankan.

3. Aktifkan aplikasi pesan facebook, kemudian cari teman dan pilih satu nama yang terdaftar dalam list pertemanan Facebook Anda untuk diajak bermain.

4. Setelah nama teman sudah dipilih sebagai lawan tanding bermain, ketikkan sandi khusus “@fbchess play” (tanpa tanda kutip) sebagai pesan kepada rekan tersebut. Sehingga akan muncul papan catur secara otomatis. Untuk memilih warna bidak yang ingin Anda mainkan, Anda juga bisa mengetikkan kata White atau Black.

5. Untuk menggerakkan bidak, Anda perlu mengetikkan huruf depan tersebut diikuti dengan posisi tujuan, misalnya untuk menggerakan sebuah pion dari tempat awalnya Anda bisa mengetik @fbchess Pe3.

6. Beberapa perintah lain yang bisa dilakukan antara lain adalah @fbchess draw offer untuk menawarkan pengakuan bahwa pertandingan berakhir dengan seri, @fbchess undo untuk mengulang langkah yang baru saja Anda ambil, atau @fbchess resign untuk menyerah dari permainan.

Meski tidak dipublikasikan oleh Facebook, namun fitur unik ini berhasil diketahui oleh salah seorang pengguna Reddit beberapa waktu lalu. Fitur ini tidak hanya bisa dilakukan pada aplikasi Messenger di smartphone melainkan juga di bagian pesan Facebook web. (arenalte.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.