PortalMadura.com

Umat Islam, Kenali 5 Tanda Manusia Berwajah Buruk Menurut Rasulullah

  • Minggu, 6 November 2016 | 17:00
Umat Islam, Kenali 5 Tanda Manusia Berwajah Buruk Menurut Rasulullah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Wajah merupakan salah satu cara untuk membedakan seseorang. Tidak hanya soal cantik atau tampan, namun wajah juga ada yang baik dan buruk. Oleh karena itu, baik buruk wajah manusia di mata Allah tidak ditentukan oleh apapun, kecuali amal.

Bahkan, dalam beberapa hadis telah disebutkan mengenai kriteria-kriteria manusia terbaik menurut Rasulullah, di mana salah satunya adalah orang paling bermanfaat bagi manusia. Tetapi bukan hanya itu, Rasulullah juga menyebutkan tentang kriteria manusia terbaik dan manusia terburuk.

Jika manusia-manusia terbaik digambarkan Rasulullah sebagai orang yang memiliki wajah rupawan, bersih dan bercahaya, maka manusia-manusia terburuk digambarkan Rasulullah sebagai orang yang memiliki wajah yang buruk pula. Bahkan, meskipun mereka memiliki wajah yang rupawan, namun dikarenakan sifat buruk yang melekat pada dirinya maka mereka tetap dikatakan sebagai manusia yang berwajah buruk.

Berikut lima tanda manusia yang berwajah buruk menurut Rasulullah:

Orang Bermuka Dua
Orang bermuka dua merupakan bentuk kiasan untuk orang yang memiliki sifat munafik. Jika seseorang memiliki paras yang elok nan sempurna, tetapi ia memiliki sifat yang munafik, maka keelokan dari parasnya itu adalah palsu.

Rasulullah bersabda: “Kalian akan mendapati seburuk-buruk manusia adalah orang-orang yang bermuka dua dia mendatangi kelompok yang ini dengan satu wajah, dan mendatangi kelompok lainnya dengan wajah lain pula,” (HR Bukhari-Muslim dari Abu Hurairah).

Seseorang yang memiliki sifat munafik, tidak memiliki pendirian dan keteguhan pada imannya. Sebagaimana firman Allah: “Sesungguhnya orang-orang munafik itu, (di tempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka” (QS. An-Nisa: 145).

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional