Umat Muslim, Begini Cara Ketahui Taubat Anda Sudah Diterima

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Begini Cara Ketahui Taubat Anda Sudah Diterima
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap manusia tidak ada yang bersih dari kesalahan dan dosa. Akan tetapi, Allah SWT selalu membuka pintu untuk umat-Nya yang ingin kembali ke jalan yang benar dan memperbaiki diri.

Sehingga orang yang telah berbuat dosa diwajibkan untuk segera bertaubat. Namun, apakah setelah bertaubat, taubatnya itu sudah langsung diterima?. Untuk mengetahuinya, umat muslim perlu memahami dulu bahwa taubat merupakan salah satu ibadah kepada Allah SWT. Tujuannya untuk meminta ampunan atas segala dosa dan kekhilafan.

Maka dari itu, agar taubat Anda diterima oleh Allah SWT, ada lima syarat yang harus dipenuhi. Pertama, ikhlas melakukannya kepada Allah, kedua al-Iqla' (melepaskan), yaitu melepaskan dosa yang di-taubati. Ketiga, an-Nadam (menyesal), keempat al-Azm (tekad) yaitu bersungguh-sungguh tidak mengulangi dosa. Terakhir, bertaubat dilakukan sebelum pintu taubat ditutup.

Nah, guna mengetahui taubat diterima atau tidak, sesuai firman Allah SWT, yaitu: “Kecuali orang-orang yang taubat, sesudah (kafir) itu dan mengadakan perbaikan. Karena sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Ali Imran: 89).

Maksud ayat di atas, yaitu Allah SWT akan menerima taubat siapa saja orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam bertaubat. Maka jika merasa sudah bersungguh-sungguh dan tidak akan lagi mengulangi perbuatan yang mengarah ke dosa, Insya Allah taubatnya diterima.

Selain itu, diantara tanda diterimanya amal seseorang adalah adanya amal soleh setelahnya. Hasan al-Bashri mengatakan: “Bagian dari balasan kebaikan adalah kebaikan setelahnya”. Wallahu A'lam. (okezone.com/konsultasisyariah.com)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.