Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 3 Waktu Utama Mengamalkan Ayat Kursi

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 3 Waktu Utama Mengamalkan Ayat Kursi
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu ayat yang mempunyai banyak khasiat bagi yang mengamalkannya. Ayat ini juga dinilai sebagai salah satu doa yang memiliki derajat paling tinggi di antara surat-surat atau doa-doa yang lainnya. Meskipun memang seluruh ayat dari semua surat di Al-Qur'an adalah mulia, yang satu ini memiliki tempatnya sendiri.

Ayat kursi bisa diamalkan kapan saja sesuai yang diinginkan. Namun siapa sangka ternyata ayat ini mempunyai waktu-waktu tertentu yang baik untuk diamalkan. Berikut ini tiga waktu utama dalam mengamalkan ayat kursi:

Ketika Pagi dan Petang
Bagi orang yang membaca ayat kursi di pagi dan petang hari, dijelaskan dari Ubay bin Ka'ab, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang,” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655).

Dengan demikian, siapa saja yang melafadzkan ayat kursi di waktu pagi dan petang maka orang tersebut akan mendapatkan perlindungan dari Allah sepanjang hari dan malamnya.

Sebelum Tidur
Waktu amalan Ayat Kursi juga baik jika dibaca ketika hendak akan tidur, hal ini dapat dilihat dari pengaduan Abu Hurairah pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang seseorang yang mengajarkan padanya ayat kursi.

Abu Hurairah menjawab, “Wahai Rasulullah, ia mengaku bahwa ia mengajarkan suatu kalimat yang Allah beri manfaat padaku jika membacanya. Sehingga aku pun melepaskan dirinya” Nabi SAW bertanya, “Apa kalimat tersebut?” Abu Hurairah menjawab, “Ia mengatakan padaku, jika aku hendak pergi tidur di ranjang, hendaklah membaca ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ‘Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum'. Lalu ia mengatakan padaku bahwa Allah akan senantiasa menjagaku dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari. Dan para sahabat lebih semangat dalam melakukan kebaikan” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Adapun dia kala itu berkata benar, namun asalnya dia pendusta. Engkau tahu siapa yang bercakap denganmu sampai tiga malam itu, wahai Abu Hurairah?” “Tidak”, jawab Abu Hurairah. Nabi SAW berkata, “Dia adalah setan” (HR. Bukhari no. 2311).

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa barang siapa yang mengamalkan ayat kursi ketika akan hendak tidur, maka disepanjang tidurnya akan dilindungi dari gangguan setan hingga Ia terjaga dari tidurnya.

Setelah Salat Fardhu
Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Siapa membaca ayat kursi setiap selesai salat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian,” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram). Maksudnya, tidak ada yang menghalanginya masuk surga ketika mati.

Berdasarkan hadits tersebut dijelaskan bahwa tidak akan ada yang menghalanginya masuk surga bagi siapa yang mengamalkan ayat kursi semasa hidupnya setelah salat lima waktu kecuali kematian.

Sungguh luar biasa Ayat kursi bagi manusia. Tidak hanya mendapatkan manfaat ketika masih di dunia, namun di akhirat pun Anda akan tetap mendapatkan manfaatnya yaitu surga. Semoga selalu istiqomah dalam kebaikan dan selalu mengamalkan ayat kursi sebagai bekal di dunia dan akhirat. (rumaysho.com/Qory)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.