Veteran Sumenep : Terjadinya Korupsi Lantaran Lupa Pada Pancasila

Avatar of PortalMadura.com
Veteran Sumenep : Terjadinya Korupsi Lantaran Lupa Pada Pancasila
Para Veteran Sumenep di Pendopo, Jumat (18/8/2017)

PortalMadura.Com, – Salah satu veteran yang tinggal di jalan Seludang, Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sunyoto menyatakan, tindak pidana korupsi yang marak terjadi selama ini salah satu penyebabnya adalah yang bersangkutan lupa terhadap Pancasila dan Undang-undang Dasar 45.

“Meski yang bersangkutan itu sebagai pejabat tinggi, tapi ia lupa terhadap filosofi Pancasila sebagai dasar negara, pasti terjadilah tindakan korupsi. Tindak pidana korupsi itu bisa terjadi lantaran pancasila tidak tertanam dalam dirinya,” ungkap Sunyoto usai menghadiri silaturahmi yang digagas pemda setempat di Pendopo, Jumat (18/8/2017).

Menurutnya, kalau pancasila dan UUD 45 tertanam secara baik dalam diri manusia, dipastikan tidak akan terjadi tindak pidana korupsi. Sebab tindakan tersebut merupakan hal yang melawan hukum dan merugikan bangsa.

“Saat ini banyak pejabat negara yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi. Mereka hanya sebagai pejabat, namun tak tertanam Pancasila di dalam jiwanya,” ucapnya.

Ia juga berharap, para penerus bangsa juga ikut andil besar terhadap pertahanan kemerdekaan ini dengan berbagai upaya, tidak hanya bisa memetik buah dari kemerdekaan yang telah berhasil direbut oleh para pejuang.

“Kalau hanya bisa memetik hasilnya, dipastikan kemerdekaan bangsa Indonesia ini lambat laun akan terkikis dan pada gilirannya akan tumbang. Untuk itu, para pemuda saat ini harus menghargai perjuangan para pahlawan dan meningkatkan rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia ini, salah satunya tidak bertindak korupsi,” tegasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.