PortalMadura.com

Warga Batuputih dan Batang-Batang Rayakan Hari Jadi Sumenep Tanpa Sentuhan Dana Pemerintah

  • Minggu, 30 Oktober 2016 | 16:39
Warga Batuputih dan Batang-Batang Rayakan Hari Jadi Sumenep Tanpa Sentuhan Dana Pemerintah
Wakil Bupati Sumenep bersama Disbudparpora dan Muspika Batuputih

PortalMadura.Com, Sumenep – Masyarakat Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar pesta rakyat, Sabtu (29/10/2016). Berbagai kesenian tradisional disajikan untuk dipersembahkan pada perayaan Hari Jadi Sumenep ke-747 tahun 2016 yang diselenggarakan bersama Komunitas Lima.

Ludruk Karya Kemala pimpinan Sudiro dari Desa Juruan Laok ditampilkan semalam suntuk merupakan sajian utama yang diawali dengan penampilan Hadrah Modern Nada dan Dakwa pimpinan K. Niwa Desa Tengedan serta Drum Band Al-Ula Desa Juruan Daya asuhan Kepala Desa, Santoso.

Kegiatan yang kali pertama dilakukan Komunitas Lima tersebut tanpa sentuhan dana dari pemerintah. Komunitas Lima menggandeng PortalMadura.Com dan AntaraJatim.Com untuk publikasi.

Acara yang berlangsung di simpang tiga Togur Sonok, Desa Tengedan, Kecamatan Batuputih itu menjadi istimewa. Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi hadir bersama Kepala Disbudparpora, Sufiyanto dan muspikan setempat. Para tamu undangan disambut empat wanita cantik “Putri Karaton Topote”.

“Saya bangga dengan kegiatan ini yang disajikan untuk merayakan Hari Jadi Sumenep. Dan salut dengan penampilan Hadrah dan Drum Band dengan antraksi ekstrim,” ujar Ahcmad Fauzi.

Menurutnya, kegiatan yang melibatkan masyarakat tanpa sentuhan dana dari pemerintah perlu terus dikemas dengan baik agar kesenian tradisional yang dimiliki di masing-masing daerah dapat berkembang dan mampu disajikan untuk kebutuhan industri musik.

Politisi PDI Perjuangan ini juga membuka secara resmi pesta rakyat dengan ditandai pemukulan gong. “Selamat menikmati sajian selanjutnya berupa pagelaran ludruk semalam suntuk. Semoga lancar dan aman,” pungkasnya.

Malam ini, Minggu (30/10/2016), Komunitas Lima juga menggelar pesta rakyat di lapangan sepak bola Kecamatan Batang-Batang, Sumenep dengan sajian kreasi peserta didik.

Misalnya, tari moang sangkal, Pramuka, pawai 200 obor, hadrah, dan musik tongtong. Kegiatan di didua kecamatan tersebut tanpa sentuhan dana dari pemerintah dengan support by Mall De Baghraf City.(Salimah/har)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional