PortalMadura.com

Warga Madura Mengeluh, Mau Bayar Listrik Naik Tiga Kali Lipat

  • Jumat, 21 April 2017 | 23:44
Warga Madura Mengeluh, Mau Bayar Listrik Naik Tiga Kali Lipat
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com, Bangkalan – Naiknya tarif dasar listrik (TDL)di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur mengejutkan warga setempat, Jumat (21/4/2017).

Sahrival Andri yasin (22), warga Bangkalan Kota, mengeluhkan naiknya tarif listrik tersebut. Bulan sebelumnya, listrik dengan kapasitas 900 Watt hanya dikenakan tarif sebesar Rp100 ribu per bulan.

Namun pada bulan ini, pemuda yang masih duduk di bangku kuliah tersebut mengaku sangat kaget saat dikenakan tagihan sebesar Rp325 ribu, atau naik tiga kali lipat.

“Saya disuruh ibu pada saat itu, ya kaget, karena sebelumnya hanya dikenakan Rp100 ribu, mau gimana lagi, kata petugasnya seperti itu,” terang dia.

Menurutnya, selama ini pihak PLN tidak pernah memberikan informasi, bahwa pada bulan ini ada kenaikan TDL listrik, sehingga banyak warga Bangkalan lainnya yang tidak mengetahui dengan kenaikan tersebut.

Sementara, Kepala Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kabupaten Bangkalan, Umar Arif membantah adanya kenaikan tarif listrik seperti yang dikeluhkan warga.

Said Abdullah

Menurutnya, pemerintah memang sengaja mencabut subsidi listrik dalam upaya pengentasan kemiskinan dengan program subsidi listrik tepat sasaran (SLTS), sehingga pemerintah melalui Tim Percepatan Penuntasan Kemiskinan (TPNK) melakukan Survie kebawah untuk mengkualifikasi masyarakat yang masuk dalam kreteria miskin.

“Yang menentukan dapat subsidi atau tidak bukan PLN tapi TPNK,” papar dia melalui sambungan telpon.

Dia menjelaskan, bahwa masyarakat yang merasa layak mendapatkan subsidi listrik, segera mendaftarkan ke kelurahan atau kepala desa untuk dilanjutkan ke kantor kecamatan, karena menurutnya, kewenangan pencabutan tersebut dilakukan oleh pemerintah langsung, bukan melalui PLN.

“Kalau ada warga merasa berhak mendapatkan subsidi, langsung ke kepala desa atau lurah, agar dilanjutkan ke kecamatan, karena sudah terkoneksi dengan sistem kami secara online,” pungkasnya.(Hamid/Har)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional