PortalMadura.com

Waspada! 4 Kebaikan Ini Akan Hilang Karena 4 Keburukan

  • Senin, 24 Oktober 2016 | 17:00
Waspada! 4 Kebaikan Ini Akan Hilang Karena 4 Keburukan
ilustrasi (jagad.top)

PortalMadura.Com – Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling utama dan mulia. Bahkan, Allah SWT memberikan berbagai macam kelebihan dan keistimewaan, yang kelebihan dan keistimewaan itu tidak diberikan kepada Makhluk lain.

Oleh karena itu, sebagai manusia yang beriman, setelah menerima berbagai macam keistimewaan itu mereka mempunyai kewajiban untuk memeliharanya agar tidak hilang. Adapun keistimewaan yang diberikan Oleh Allah kepada manusia, yaitu Akal, Agama, Rasa malu, dan amal saleh.

Sebagaimana hadis Rasulullah: “Ada empat perkara sebagai mutiara manusia, yang dapat hilang dengan empat perkara lain, yaitu: 1. akal dihilangkan oleh marah, 2. Agama dihilangkan oleh hasud, 3. Malu dihilangkan oleh tamak 4. amal saleh dihilangkan oleh menggunjing”.

Berdasarkan hadis di atas, maka penting bagi Anda untuk menjaga mutiara (keistimewaan) itu, agar tetap bersemayam dalam diri Anda.

Berikut penjelasan empat kebaikan yang akan hilang karena empat keburukan:

Akal Dihilangkan Oleh Marah
Akal merupakan karunia yang tinggi bagi manusia. Dengan akal, manusia dapat membedakan antara yang baik dan yang buruk, dapat membedakan antara yang membahayakan dan yang bermanfaat, dengan akal Anda juga dapat mencapai prestasi yang tinggi.

Begitu pentingnya manusia menggunakan akalnya, hal ini dijelaskan oleh Allah, agar senantiasa menggunakan akal yang banyak diulang dalam Alquran yaitu kalimat: “Apakah Kamu Tidak Menggunakan akal?”.

Lantas terhadap akal itu Anda harus menjaganya dengan menjaga amarah, sebab marah dapat menghilangkan akal sehat, orang membunuh karena marah, hubungan jadi renggang karena marah, dan Rasululah mengingatkan dalam sabdanya: “Wahai Muawiyah, jauhilah dirimu dari pada marah. Sesungguhnya marah itu dapat merusak iman, sebagaimana jadam dapat merusak madu,” (H.R Baihaqi dan Ibnu Asakir).

loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional